Kisah Nabi Series

#5 Kisah Nabi Luth

📑 Kisah Nabi Luth
Ust Muhammad nur syamsul qamar Lc
Hafidzahullahu Ta’ala.
Ahad,14 Dzulhijjah 1439H
Masjid Nurul Iman Blok M Square

📒 Materi

Umat umat sebelum nabi Musa alaihissalam Allah binasakan sesuai doa nabi nabi mereka

📖Q.S Al Qasas 43

وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ مِنْ بَعْدِ مَا أَهْلَكْنَا الْقُرُونَ الْأُولَىٰ بَصَائِرَ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةً لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

Dan sungguh, telah Kami berikan kepada Musa Kitab (Taurat) setelah Kami binasakan umat-umat terdahulu, untuk menjadi pelita bagi manusia dan petunjuk serta rahmat, agar mereka mendapat pelajaran.

-Sura Al-Qasas, Ayah 43

📓Ibn katsir : setelah nabi musa tidak ada lagi umat yang Allah binasakan.

Umat umat yang Allâh binasakan dikarenakan sebab sebab yang membuat mereka dibinasakan dan mendatangkan adzab Allah.

📄Sebab : kata ulama ushul yang namanya sebab yang apabila dia ada maka mengharuskan hukumnya ada, apabila tidak ada maka hukumnya tidak ada.

Contoh : terbenamnya matahari menyebabkan adanya sholat maghrib tapi jika sebelum terbenam maka sholat nya tidak sah karena sebabnya tidak ada.

➡Maka jika sebab sebab umat terdahulu ada pada umat maka akan menyebabkan dibinasakan umat umat terdahulu tapi pada umat ini tidak dibinasakan sebagaimana umat dahulu.

➡Contoh dibinasakan umat terdahulu :

📖Q.S Al Ahqaf 25

تُدَمِّرُ كُلَّ شَىْءٍۭ بِأَمْرِ رَبِّهَا فَأَصْبَحُوا۟ لَا يُرَىٰٓ إِلَّا مَسَـٰكِنُهُمْ ۚ كَذَٰلِكَ نَجْزِى ٱلْقَوْمَ ٱلْمُجْرِمِينَ
yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya, maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. Demikianlah Kami memberi balasan kepada kaum yang berdosa.

📖HR : aku diberikan 5 kekhususan yang tidak diberikan kepada nabi nabi sebelumku. Diantaranya :

▪1. Dahulu para nabi hanya diutus pada kaumnya masing masing,
[ _terkadang pada masing masing masa ada dua nabi_] adapun aku diutus kepada manusia secara keseluruhan. Kalau seandainya musa masih hidup maka tidak ada kelapangan baginya untuk mengikutiku.

▪Nabi luth keponakan Nabi ibrahim
▪Ayah nabi Ibrahim namanya Aazar dan anak selain nabi ibrahim namanya haron dan haron adalah ayah nabi luth

📖Q.S Al An’am 74

۞ وَإِذْ قَالَ إِبْرَٰهِيمُ لِأَبِيهِ ءَازَرَ أَتَتَّخِذُ أَصْنَامًا ءَالِهَةً ۖ إِنِّىٓ أَرَىٰكَ وَقَوْمَكَ فِى ضَلَـٰلٍۢ مُّبِينٍۢ

Dan (ingatlah) di waktu Ibrahim berkata kepada bapaknya, Aazar, “Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan-tuhan? Sesungguhnya aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata”.
▪Ketika nabi ibrahim hijrah Allah mengutus malaikat malaikat mengunjungi Nabi ibrahim kemudian akan pergi dan menghancurkan kaum luth

📖Q.S Al Ankabut 31 32

وَلَمَّا جَآءَتْ رُسُلُنَآ إِبْرَٰهِيمَ بِٱلْبُشْرَىٰ قَالُوٓا۟ إِنَّا مُهْلِكُوٓا۟ أَهْلِ هَـٰذِهِ ٱلْقَرْيَةِ ۖ إِنَّ أَهْلَهَا كَانُوا۟ ظَـٰلِمِينَ

Dan tatkala utusan Kami (para malaikat) datang kepada Ibrahim membawa kabar gembira, mereka mengatakan: “Sesungguhnya kami akan menghancurkan penduduk negeri (kaum luth) ini; sesungguhnya penduduknya adalah orang-orang yang zalim”.

قَالَ إِنَّ فِيهَا لُوطًۭا ۚ قَالُوا۟ نَحْنُ أَعْلَمُ بِمَن فِيهَا ۖ لَنُنَجِّيَنَّهُۥ وَأَهْلَهُۥٓ إِلَّا ٱمْرَأَتَهُۥ كَانَتْ مِنَ ٱلْغَـٰبِرِينَ

Berkata Ibrahim: “Sesungguhnya di kota itu ada Luth”. Para malaikat berkata: “Kami lebih mengetahui siapa yang ada di kota itu. Kami sungguh-sungguh akan menyelamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali isterinya. Dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).

📝Mengapa umat nabi luth dibinasakan?

📖Q.S Al A’raf 80

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِۦٓ أَتَأْتُونَ ٱلْفَـٰحِشَةَ مَا سَبَقَكُم بِهَا مِنْ أَحَدٍۢ مِّنَ ٱلْعَـٰلَمِينَ

Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu?”

▪Dosa ini belum pernah dilakukan umat terdahulu. Dan disini ada dosa jariyah. Jika dosa pertama kali dilakukan dan diikuti maka akan menanggung dosa orang yang mengikuti.

📖HR : Barangsiapa yang mencontohkan amalan yang jelek dia akan Mendapatkan dosanya orang yang melakukan.

📖Q.S Al A’raf 81

إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ شَهْوَةً مِنْ دُونِ النِّسَاءِ ۚ بَلْ أَنْتُمْ قَوْمٌ مُسْرِفُونَ

Sungguh, kamu telah melampiaskan syahwatmu kepada sesama lelaki bukan kepada perempuan. Kamu benar-benar kaum yang melampaui batas.”

-Sura Al-A’raf, Ayah 81

➡Dosa ini adalah dosa diluar akal sehat menyalahi kodrat dan adzabnya pun diluar akal sehat sehingga bumi dibalikkan.

➡Adzab kaum nabi luth ini Dikarenakan doa nabi luth

📖Q.S Al Ankabut 30

قَالَ رَبِّ انْصُرْنِي عَلَى الْقَوْمِ الْمُفْسِدِينَ

Dia (Luth) berdoa, “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas golongan yang berbuat kerusakan itu.”

-Sura Al-Ankabut, Ayah 30

➡Dikisahkan bahwa malaikat mendatangi nabi luth dalam bentuk laki laki yang tampan. Dan dibocorkan kedatangan mereka kepada kaum nabi luth oleh istri nabi luth

📖Q.S Hud 77

وَلَمَّا جَآءَتْ رُسُلُنَا لُوطًۭا سِىٓءَ بِهِمْ وَضَاقَ بِهِمْ ذَرْعًۭا وَقَالَ هَـٰذَا يَوْمٌ عَصِيبٌۭ

Dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah dan merasa sempit dadanya karena kedatangan mereka, dan dia berkata: “Ini adalah hari yang amat sulit”.

📖Q.S At Tahrim 10

ضَرَبَ ٱللَّهُ مَثَلًۭا لِّلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ٱمْرَأَتَ نُوحٍۢ وَٱمْرَأَتَ لُوطٍۢ ۖ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَـٰلِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ ٱللَّهِ شَيْـًۭٔا وَقِيلَ ٱدْخُلَا ٱلنَّارَ مَعَ ٱلدَّٰخِلِينَ

Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): “Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam)”.

📓Ibn katsir : Penghianatan istri istri nabi luth dan nuh ini bukan zina tapi tidak beriman kepada suami suami mereka. Padahal harusnya mereka yang paling beriman.

📖Q.S Hijr 67 –

وَجَاءَ أَهْلُ الْمَدِينَةِ يَسْتَبْشِرُونَ

Dan datanglah penduduk kota itu (ke rumah Luth) dengan gembira (karena kedatangan tamu itu).

-Sura Al-Hijr, Ayah 67

قَالَ إِنَّ هَٰؤُلَاءِ ضَيْفِي فَلَا تَفْضَحُونِ

Dia (Luth) berkata, “Sesungguhnya mereka adalah tamuku; maka jangan kamu mempermalukan aku,

-Sura Al-Hijr, Ayah 68

وَاتَّقُوا اللَّهَ وَلَا تُخْزُونِ

Dan bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu membuat aku terhina.”

-Sura Al-Hijr, Ayah 69

📖Q.S Hud 78 – 79

وَجَآءَهُۥ قَوْمُهُۥ يُهْرَعُونَ إِلَيْهِ وَمِن قَبْلُ كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ۚ قَالَ يَـٰقَوْمِ هَـٰٓؤُلَآءِ بَنَاتِى هُنَّ أَطْهَرُ لَكُمْ ۖ فَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُخْزُونِ فِى ضَيْفِىٓ ۖ أَلَيْسَ مِنكُمْ رَجُلٌۭ رَّشِيدٌۭ

Dan datanglah kepadanya kaumnya dengan bergegas-gegas. Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang keji. Luth berkata: “Hai kaumku, inilah puteri-puteriku, mereka lebih suci bagimu, maka bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama)ku terhadap tamuku ini. Tidak adakah di antaramu seorang yang berakal?”

قَالُوا لَقَدْ عَلِمْتَ مَا لَنَا فِي بَنَاتِكَ مِنْ حَقٍّ وَإِنَّكَ لَتَعْلَمُ مَا نُرِيدُ

Mereka menjawab, “Sesungguhnya eng-kau pasti tahu bahwa kami tidak mempunyai keinginan (syahwat) terhadap putri-putrimu; dan engkau tentu mengetahui apa yang (sebenarnya) kami kehendaki.”

-Sura Hud, Ayah 79

➡Orang yang memiliki penyakit lgbt ini sudah tidak memiliki rasa malu.

📄Diantara ucapan nabi yang di wariskan para nabi sampai saat ini

📖HR : jika engkau tidak memiliki rasa malu buatlah sesuka hatimu.

📖Q.S Hud 80

قَالَ لَوْ أَنَّ لِي بِكُمْ قُوَّةً أَوْ آوِي إِلَىٰ رُكْنٍ شَدِيدٍ

Dia (Luth) berkata, “Sekiranya aku mempunyai kekuatan (untuk menolakmu) atau aku dapat berlindung kepada keluarga yang kuat (tentu aku lakukan).”

-Sura Hud, Ayah 80

📓Ulama mufasirin menjelaskan mengapa nabi luth mengatakan “sekiranya aku memiliki kekuatan” hal ini dikarenakan bahwa setiap nabi diutus kepada kabilahnya. Kecuali nabi luth Kepada umat lain sehingga nabi luth tidak memiliki rahiim / kerabat disini. Sehingga tidak ada kekuatan yang membantunya.

📖 Q.S Hud 81

قَالُوا يَا لُوطُ إِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَصِلُوا إِلَيْكَ ۖ فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِنَ اللَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ أَحَدٌ إِلَّا امْرَأَتَكَ ۖ إِنَّهُ مُصِيبُهَا مَا أَصَابَهُمْ ۚ إِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۚ أَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيبٍ

Mereka (para malaikat) berkata, “Wahai Luth! Sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhanmu, mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah beserta keluargamu pada akhir malam dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia (juga) akan ditimpa (siksaan) yang menimpa mereka. Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?”

-Sura Hud, Ayah 81

➡Hikmahnya selama orang yang berjalan dijalan Allah, Allah pasti menolongnya meskipun dia sendirian.

⬇⬇ Kemudian Allah membinasakan kaum Luth :

📖Q.S Hijr 65

فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِنَ اللَّيْلِ وَاتَّبِعْ أَدْبَارَهُمْ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ أَحَدٌ وَامْضُوا حَيْثُ تُؤْمَرُونَ

Maka pergilah kamu pada akhir malam beserta keluargamu, dan ikutilah mereka dari belakang. Jangan ada di antara kamu yang menoleh ke belakang dan teruskanlah perjalanan ke tempat yang diperintahkan kepadamu.”

-Sura Al-Hijr, Ayah 65

📖Q.S Al A’raf 83

فَأَنجَيْنَـٰهُ وَأَهْلَهُۥٓ إِلَّا ٱمْرَأَتَهُۥ كَانَتْ مِنَ ٱلْغَـٰبِرِينَ

Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali isterinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).

➡Ada dua tafsir :
▪Nabi luth dilarang memberitahu Istrinya akan datang adzab
▪Istri nabi luth menoleh ke belakang

📄Pelajaran :
1.istri nabi luth tidak melakukan perbuatan zina karena Allah menjaga istri istri mereka dari perzinahan bahkan nenek moyang Mereka. Mereka senantiasa dalam pernikahan syariat ibrahim.
2. Orang yang mendukung kemaksiatan maka akan ikut di adzab

📖Q.S Hud 82

فَلَمَّا جَآءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَـٰلِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةًۭ مِّن سِجِّيلٍۢ مَّنضُودٍۢ

Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi,

➡Allah Jika akan membinasakan suatu negeri maka Allah akan membiarkan mereka bermaksiat.

📖Q.S Al Isra 16

وَإِذَآ أَرَدْنَآ أَن نُّهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُوا۟ فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا ٱلْقَوْلُ فَدَمَّرْنَـٰهَا تَدْمِيرًۭا

Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.

📓Syaikh Utsaimin : memperingati orang lain tentang kemaksiatan tetap harus dilakukan meski dia belum sanggup meninggalkan kemaksiatan tersebut.
⬇ _Faedahnya_
▪Mungkin saja dengan memperingati orang lain akan membuat dia meninggalkan maksiat tersebut
▪Agar tetap diketahui maksiat itu maksiat.

➡Jika ada Sebab umat umat terdahulu dibinasakan ada pada suatu kaum maka akan terjadi adzab yang serupa hanya saja untuk umat Nabi Muhammad tidak keseluruhan

📖HR : Aku berdoa kepada Allâh agar Allâh tidak membinasakan umatku secara serentak

➡Musibah itu karena dosa dosa kita

📖Q.S Asy syura 30

وَمَآ أَصَـٰبَكُم مِّن مُّصِيبَةٍۢ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوا۟ عَن كَثِيرٍۢ
Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

📖Q.S Ar rum 41

ظَهَرَ ٱلْفَسَادُ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ ٱلَّذِى عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

➡ Ujian berupa musibah ini lebih ringan daripada ujian kesenangan.

📖Q.S Al An’am 42 – 44

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَآ إِلَىٰٓ أُمَمٍۢ مِّن قَبْلِكَ فَأَخَذْنَـٰهُم بِٱلْبَأْسَآءِ وَٱلضَّرَّآءِ لَعَلَّهُمْ يَتَضَرَّعُونَ

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat yang sebelum kamu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri.

فَلَوْلَا إِذْ جَاءَهُمْ بَأْسُنَا تَضَرَّعُوا وَلَٰكِنْ قَسَتْ قُلُوبُهُمْ وَزَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Tetapi mengapa mereka tidak memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati ketika siksaan Kami datang menimpa mereka? Bahkan hati mereka telah menjadi keras dan setan pun menjadikan terasa indah bagi mereka apa yang selalu mereka kerjakan.

فَلَمَّا نَسُوا۟ مَا ذُكِّرُوا۟ بِهِۦ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَٰبَ كُلِّ شَىْءٍ حَتَّىٰٓ إِذَا فَرِحُوا۟ بِمَآ أُوتُوٓا۟ أَخَذْنَـٰهُم بَغْتَةًۭ فَإِذَا هُم مُّبْلِسُونَ
Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.

➡Musibah ini juga banyak hikmahnya agar manusia kembali kepada Allah, digugurkan dosanya dengan kesabaranya, dan mengangkat derajat nya disisi Allâh

_Disclaimer : Catatan diatas hanyalah catatan pribadi, sangat diharapkan dan dianjurkan untuk kroscek dengan mengikuti kajian langsung di video kajian aslinya, dan jika ada revisi atau kesalahan dimohon untuk mengirimkan pesan pribadi di blog penulis_

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s