Resume Kajian

Tematik : lebih berbahaya dari 2 serigala

🌼 *Lebih Bahaya dari 2 Serigala*
Ust Ali Hasan Bawazier Hafidzahullahu ta’ala
Sabtu, 19 Sya’ban 1439H
MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE

📒 MATERI

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan banyak hal dengan yang berkebalikan

Kekayaan dunia itu memang menipu.

📖Q.S Al Imran 14 15

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.

قُلْ أَؤُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرٍ مِنْ ذَٰلِكُمْ ۚ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَأَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Katakanlah, “Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?” Bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia) di sisi Tuhan mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta ridha Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.

Seorang muslim itu hidupnya berbeda dengan orang kafir.

Seorang muslim menyabarkan dirinya dalam ketakwaan

📖Q.S Al Jathiya 19

إِنَّهُمْ لَنْ يُغْنُوا عَنْكَ مِنَ اللَّهِ شَيْئًا ۚ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۖ وَاللَّهُ وَلِيُّ الْمُتَّقِينَ

Sungguh, mereka tidak akan dapat menghindarkan engkau sedikit pun dari (azab) Allah. Dan sungguh, orang-orang yang zhalim itu sebagian menjadi pelindung atas sebagian yang lain, sedangkan Allah pelindung bagi orang-orang yang bertakwa.

📌Penghuni syurga itu kekal di dalamnya. Tidak sama dengan nikmat dunia yang akan hilang

📖HR Rasulullah shallallahu a’laihi wasallam bersabda ” tidaklah dua serigala yang lapar yang dilepaskan ditengah kambing tidak lebih padah dari pada ambisi manusia terhadap harta dan jabatan yang merusak agamanya.

➡Imam Ibn rajab al hambali sampai membuat kitab tentang satu Hadits ini saking berbahaya nya hal ini.

Karena ia bukan lagi mencari ridho Allah. Bahkan penyakit ini kalau menimpa ulama maka akan menunggangi agamanya untuk ambisi harta dan jabatan.

📖HR : sebaik baik harta adalah harta ditangan hamba yang sholeh

🌿 JENIS ATAU TIPE MANUSIA TERHADAP HARTA

▪ *1.Ambisi terhadap harta yang halal*

📌Dia seorang yang sholeh mencari waktu yang halal tapi waktunya dihabiskan untuk itu sehingga dia tidak punya waktu untuk menuntut ilmu, untuk beribadah
📌Dia banyak harta, tapi tidak satupun yang dia bawa pulang, setiap hartanya dia yang menanggung hisab harta tersebut.
➡Jika seorang berambisi dunia tapi melupakan kesempatan beribadah dan menuntut ilmu agama pada hakikatnya merugi

⚠Untuk mengukur ambisi kita terhadap dunia adalah dengan seberapa banyak waktu kita untuk mencari harta atau kita membagi waktu kita.

📓Seorang penyair berkata : orang yang menghabiskan waktunya untuk mengumpulkan harta karena takut miskin pada hakikatnya yang ia lakukan adalah yang dilakukan orang miskin. Orang yang faqir bukan orang yang faqir harta tapi faqir agama. Orang yang tidak memahami agama.

📖HR : dunia dan akhirat itu seperti seseorang menempelkan satu jari kita di lautan dan yang sisa di jari kita adalah dunia.

🔁Para sahabat itu mereka pengusaha dan orang kaya tapi usaha mereka tidak membuat mereka lupa untuk menggapai derajat yang tinggi di sisi Allah.

*2.Ambisi terhadap harta bukan hanya Kepada yang halal tapi juga haram*

📖HR : Sesungguhnya Allah adalah dzat Yang Maha Baik dan hanya akan menerima yang baik.
Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menceritakan seorang yang lusuh, Safar, mengangkat tangannya ke atas dan berdoa : ya rabbi ya rabbi…tapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram. Bagaimana mungkin doa dikabulkan
➡Padahal orang ini melakukan semua sebab doa mustajab yaitu tawasul dengan asmaul husna, tangannya keatas, lusuh Safar tapi hartanya haram maka tidak diterima.

📖Q.S At tawbah 55

فَلَا تُعْجِبْكَ أَمْوَالُهُمْ وَلَا أَوْلَادُهُمْ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ بِهَا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَتَزْهَقَ أَنْفُسُهُمْ وَهُمْ كَافِرُونَ

Maka janganlah harta dan anak-anak mereka membuatmu kagum. Sesungguhnya maksud Allah dengan itu adalah untuk menyiksa mereka dalam kehidupan dunia dan kelak akan mati dalam keadaan kafir.
➡Dunia nambah tapi Nambah dosa dan suul khatimah

🌿 JENIS MANUSIA TERHADAP AMBISI JABATAN

📓Ibn qudamah : ambisi terkuat manusia adalah jabatan

▪ *1.Jabatan struktural*

Biasanya orang yang berambisi dengan ini maka dia juga akan berambisi dengan harta.

Tapi seringnya Allah haramkan nikmat Akhirat untuknya

📖Q.S Al Qasas 83

تِلْكَ ٱلدَّارُ ٱلْـَٔاخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لَا يُرِيدُونَ عُلُوًّۭا فِى ٱلْأَرْضِ وَلَا فَسَادًۭا ۚ وَٱلْعَـٰقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.

📖HR : wahai abdirrahman jangan pernah kamu berambisi untuk meraih jabatan. Jika kamu ingin mencari jabatan itu karena ambisi nya maka Allah tidka akan membantu ( tidak diberi hidayah). Tapi jika diberi Allah tanpa ambisi mu maka Allâh akan membantunya.

Pemimpin yang dicintai rakyatnya adalah pemimpin yang diberi jabatan bukan karena ambisi nya maka Allah Muliakan mereka.

Orang yang berambisi jabatan akan menimbulkan kerusakan yang besar untuk dirinya atau untuk orang lain. Sebelum meraih dia sudah merusak segala sesuatu.

Senang dipuji, rentan dengan celaan dan kritikan.

▪ *2.Jabatan yang tidak struktural*

Maksudnya penghormatan di tengah masyarakat, sebagai tokoh masyarakat entah karena kesholehan, ilmu, ketakwaan atau Zuhud nya yang ditawarkan kepada masyarakat.

Dan ini lebih berbahaya karena jika struktural akan berganti. Tapi jika ini maka akan sampai meninggal.

Karena pada hakikatnya ilmu agama, ketakwaan, Zuhud, kesholehan itu rahasia kita dengan Allah

📓Imam as saury : ilmu agama ini adalah berbeda dengan yang lainnya karena dengan ilmu ini akan mengantarkan kepada takwa. Jika tidak maka sama dengan ilmu dunia.

➡ JENIS MANUSIA MEMANFAATKAN ILMU AGAMA UNTUK DUNIA

1. Ingin meraih harta

📖HR : dengan ilmu agama yang seharusnya untuk mengharapkan wajah Allah. Tapi jika untuk mencari dunia maka ia tidak akan mencium bau syurga.

⚠Kita menuntut ilmu agama untuk meraih wajah Allah.

2. Mendapatkan Pengagungan dari masyarakat.

📖HR Muslim : tentang tiga orang yang dimasukkan ke neraka pertama kali.

📖HR Tirmidzi : Barangsiapa yang Belajar ilmu agama untuk dianggap ulama dan agar orang orang lebih dalam melihatnya maka Allah akan masukkan dia ke neraka.

📓Ulama : tidak ada yang lebih berat bagiku kecuali aku dalam memperbaiki niatku semakin aku membuang riya dia muncul kembali.

📒 Tanya Jawab

📓Takwa adalah bagaimana engkau berjalan tanpa alas kaki.

Takwa secara harfiah itu perisai.

📓Fudhail bin iyadh : sengaja meninggalkan suatu amalan karena orang maka itu riya

_Disclaimer : Catatan diatas hanyalah catatan pribadi, sangat diharapkan dan dianjurkan untuk kroscek dengan mengikuti kajian langsung di video kajian aslinya, dan jika ada revisi atau kesalahan dimohon untuk mengirimkan pesan pribadi di blog penulis_

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s