Resume Kajian

Kafir setelah beriman

📒Kafir setelah beriman
Ust Abdullah Taslim, MA
Masjid Nurul Iman Blok M Square

📔 Materi
✔Kekufuran dengan macam jenisnya adalah yang paling ditakutkan bagi kita karena bisa menggugurkan islam dan iman dari akar akarnya
📓Sufyan ats sauri : kalian hidup di masa yang para sahabat Nabi itu takut untuk sampai di zaman ini.
📖HR Muslim : bersegera lah kalian melakukan amal kebaikan sebelum nya nanti muncul nya fitnah fitnah. Bentuknya tidak nampak seperti potongan malam di gelap guitar. Ada orang yang pagi beriman siang kafir. Sore beriman pagi kafir dan ia menjual agamanya dengan bagian dari dunia.

❕Fitnah disebut fitnah karena nampaknya tidak keliatan dan dia tidak ter sadar.

❕Fitnah itu samar sehingga ia tidak sadar telah terkena fitnah

📖Q.S : Kami hadapi amalan yang mereka lakukan di dunia dan Kami jadikan ia seperti debu yang berhamburan.

📖HR Bukhari : Sungguh ada seorang hamba yang dia mengucapkan satu kalimat saja yang dengannya yang dia meremehkannya dan dengan kalimat ini membuat dia masuk ke neraka Jahannam tapi mendatangkan murka Allah.

📖Q.S Al Munafiqun 3
Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka telah beriman, kemudian menjadi kafir, maka hati mereka dikunci, sehingga mereka tidak dapat mengerti.

⏩Ketika orang orang munafik mengolok ngolok orang beriman yang pergi ke perang tabuk

📖Q.S At Taubah
لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ ۚ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ
Tidak perlu kamu meminta maaf, karena kamu telah kafir setelah beriman. Jika Kami memaafkan sebagian dari kamu (karena telah tobat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang (selalu) berbuat dosa.
-Sura At-Tawbah, Ayah 66

❕Permasalahan itu balik lagi hati. Hati itu harus di jaga

📖HR: Sungguh hati manusia itu lebih mudah terbolak balik lebih dari terbolak balik nya air mendidih.

❕Hati manusia itu lemah sementara syubhat itu mudah menyambar yang bisa menjadi benteng nya adalah keimanan dan ilmu yang bermanfaat.

❕Itulah Kenapa Allah karuniakan ilmu itu sebagai penjaga bagi manusia.

📓Ali bin abi thalib : ilmu itu lebih baik daripada harta karna ilmu itu bisa menjagamu sementara harta kamu harus menjaganya
✔Proses untuk menjadi kufur itu sedikit demi sedikit.

⏩Orang orang kafir disebutkan dalam awal surah Al Baqarah ayat 10:
Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih, karena mereka berdusta.

❕Ilmu itu adalah penjaga bagi hati
❕Petunjuk itu adalah Ruh

Asy syuara
وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ رُوحًۭا مِّنْ أَمْرِنَا ۚ مَا كُنتَ تَدْرِى مَا ٱلْكِتَـٰبُ وَلَا ٱلْإِيمَـٰنُ وَلَـٰكِن جَعَلْنَـٰهُ نُورًۭا نَّهْدِى بِهِۦ مَن نَّشَآءُ مِنْ عِبَادِنَا ۚ وَإِنَّكَ لَتَهْدِىٓ إِلَىٰ صِرَٰطٍۢ مُّسْتَقِيمٍۢ
Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.
⏩Sehingga fungsi wahyu itu adalah dua ruh dan cahaya.

Al An’am 122
أَوَمَن كَانَ مَيْتًۭا فَأَحْيَيْنَـٰهُ وَجَعَلْنَا لَهُۥ نُورًۭا يَمْشِى بِهِۦ فِى ٱلنَّاسِ كَمَن مَّثَلُهُۥ فِى ٱلظُّلُمَـٰتِ لَيْسَ بِخَارِجٍۢ مِّنْهَا ۚ كَذَٰلِكَ زُيِّنَ لِلْكَـٰفِرِينَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ
Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya? Demikianlah Kami jadikan orang yang kafir itu memandang baik apa yang telah mereka kerjakan.

📓Ibn qayyim : kematian hati itu dan Karenakan kejahilan dia.

📓Ibn qayyim : pada sifat jahil kebodohan manusia pada petunjuk Allah. Sebelum orang nya mati terlebih dahulu hati nya telah mati di hadapan Allah. Dan sebelum tubuh mereka dimasukkan kuburan tubuhnya telah menjadi kuburan bagi hatinya.

❕Perbuatan yang lebih parah dari syirik yaitu berkata tentang Allah tanpa ilmu.

📖Q.S Al A’raf 33
قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّىَ ٱلْفَوَٰحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَٱلْإِثْمَ وَٱلْبَغْىَ بِغَيْرِ ٱلْحَقِّ وَأَن تُشْرِكُوا۟ بِٱللَّهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِۦ سُلْطَـٰنًۭا وَأَن تَقُولُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ
Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui”.

✔Jadi disini bermula dari hati. Jika hatinya diisi dengan ilmu. Ketika itu syaithon menghembuskan syubhat tapi hatinya kuat sehingga tidak mudah terkena nya.

📖HR Muslim : syaithon itu akan melontarkan fitnah kepada hati manusia seperti ayaman tikar seutas demi seutas. Maka hati mana saja yang mengambil sedikit fitnah lama lama akan diberikan titik hitam. Yang menolak akan ada titik putih. Sehingga pada akhirnya hati itu ada dua yaitu hati yang hitam maka hati seperti ini tidak bisa mengenali kebaikan itu kebaikan dan keburukan itu keburukan kecuali yang sesuai dengan hawa nafsu nya. Dan hati yang putih. Hati ini tidak akan terpengaruh oleh fitnah sampai hari kiamat selama langit dan bumi masih ada.

❓Kenapa hati karna hati penentu keburukan dan kebaikan

⚠Orang yang hidup di akhir zaman dengan ilmu yang lemah sementara dia sangat PD dengan dirinya maka dia yg akan mudah terpengaruh syaithon

📖Q.S Yusuf 102-103
ذَٰلِكَ مِنْ أَنْبَاءِ الْغَيْبِ نُوحِيهِ إِلَيْكَ ۖ وَمَا كُنْتَ لَدَيْهِمْ إِذْ أَجْمَعُوا أَمْرَهُمْ وَهُمْ يَمْكُرُونَ

(Bahasa Indonesia)
Itulah sebagian berita gaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); padahal engkau tidak berada di samping mereka, ketika mereka bersepakat mengatur tipu muslihat (untuk memasukkan Yusuf ke dalam sumur).
-Sura Yusuf, Ayah 102
وَمَآ أَكْثَرُ ٱلنَّاسِ وَلَوْ حَرَصْتَ بِمُؤْمِنِينَ
Dan sebahagian besar manusia tidak akan beriman — walaupun kamu sangat menginginkannya.

⚠Dan kekufuran itu sangat mudah masuk kedalamnya bahkan sampai pada harta

📖HR Bukhari Muslim : celakalah orang yang menjadi hamba uang emas dan perak nya.

❓Syirik berart kufur jika sudah sampai parah..

✔Allah akan menjaga HambaNya seiring kuat imannya

📖Q.S Al Hajj 38

۞ إِنَّ ٱللَّهَ يُدَٰفِعُ عَنِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ خَوَّانٍۢ كَفُورٍ
Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman. Sesungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari nikmat.

⚠Maka untuk menghadapi jaman fi
▪Memohon pertolongan kepada Allah untuk menguatkan iman kita. Dan lakukan sebab sebab untuk mendatangkan pertolongan kepada Allah.
📖HR :Sesungguhnya iman yang ada di hatimu bisa menjadi lusuh sebagaimana pakaian maka Mohonlah kepada Allah untuk memperkuat iman di hatimu

📓Ibn abi mulaikha : aku pernah menemui 30 sahabat semua mengkhawatirkan dirinya masuk kepada kemunafikan dan kekufuran

⚠Maka iman yang benar maka ia semakin ia takut kehilangan iman nya.
▪Jangan coba coba dekati fitnah
✔karena hati lemah dan fitnah syubhat itu mudah menyambar.
▪Banyak membaca Al Qur’an dan merenungi isinya
▪banyak berdzikir
▪Meminta pertolongan Allah
▪Menuntut ilmu yang bermanfaat
▪Bertanya jika ada permasalahan kepada yang ahli ilmu
▪Usahakan agar senantiasa mengingkari keburukan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s