Resume Kajian

Jalan pintas menuju syurga 

📒Jalan Pintas Menuju Syurga

Ust Ahmad Zainudin, Lc
Masjid Nurullah Kalibata City Square
Sabtu, 19 Dzulqo’dah 1438H

📓Pembukaan
✔kajian kajian dan bahasan ilmu tidak lepas dari 4 :
▪Aqidah
▪Ibadah
▪Muamalah
▪Akhlaq dan ibadah

📓Materi
📖HR Ahmad, Tirmidzi, Abu daud dan yang lainnya : dari qais, seorang laki laki menemui abu darda di kota damaskus. Abu darda bertanya : apa yang membawamu kesini? Ia berkata :sebuah hadits yang sampai kepadaku bahwa engkau meriwayatkan nya dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Abu darda berkata : “apakah ada perlu lain?” Ia berkata :  “tidak” Abu darda berkata : “apakah kau ingin berdagang?” . Ia berkata : “tidak, aku tidak datang kecuali untuk mencari hadits ini yang engkau memiliki nya Abu darda” Kemudian abu darda berkata : Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu agama maka Allah akan mudahkan jalannya menuju syurga”

⏩Pelajaran dari Hadits.
✔Mengambil ilmu itu dari yang paling dekat kepada kebenaran.
✔Semakin dekat ilmu dari jaman kenabian maka semakin dekat dengan kebenaran (maka kita juga begitu, jangan terlalu banyak perantara kita dengan guru kita)
✔Menuntut ilmu itu harus ikhlas
📘Imam ahmad : menuntut ilmu tidak ada tandingannya jika niat benar. Kamu meniatkan di dalam dirimu untuk mengangkat kebodohan dari dirimu dan orang lain.
❕Ikhlas itu adalah murni bening tidak tercampur apapun

🔁 *Poin-Poin : Menuntut ilmu agama adalah*

♣  *_#1 Kewajiban_*

✔Wajib menurut ilmu Ushul fiqih :
Sebuah perintah syariat dengan perintah yang keras. Diancam dengan siksa bagi yang meninggalkannya secara mutlak
📖HR Ibn majah :  طلب العلم فريضة على كل مسلم
menuntut ilmu adalah kewajiban(fardhu) bagi setiap muslim.
⚠Fardhu dan Wajib artinya adalah sama
📘Ulama Ushul fiqih mengatakan : setiap perintah menunjukkan kewajiban kecuali ada dalil. Dan setiap kewajiban menunjukkan penyegeraan pengamalan ilmu tersebut
⚠Karena dia *Perintah=Wajib=Segera*
⚠Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim menunjukkan untuk semua orang tanpa batas. kata من disini adalah nakiroh sehingga mencakup keseluruhan muslim
⏩Kenapa menuntut ilmu wajib?
▪Manusia di ciptakan untuk beribadah kepada Allah dan ibadah tidak akan bisa dilakukan ilmu agama
📖Q.S Adz dzariyat 56:
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.
📖Q.S Al Baqarah 21:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.
✔Itulah kenapa imam Bukhari membuat bab العلم قبل عمل
✔Dan ucapan لا إله إلا الله yang merupakan kunci syurga.
⚠Setiap kunci itu ada gerigi gerigi nya maka jika tidak ada gerigi nya maka tidak ada pintu nya. Dan syarat nya dari لا إله إلا الله Diantara nya adalah ilmu.
✔Ibadah yang paling utama adalah *Tauhid* ini
📖Q.S Muhammad 9
ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَرِهُوا مَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأَحْبَطَ أَعْمَالَهُمْ
Yang demikian itu karena mereka membenci apa (Al-Qur’an) yang diturunkan Allah, maka Allah menghapus segala amal mereka.
⚠Iman itu 60 sekian cabang nya dan yang paling tinggi adalah
لا إله إلا الله.
✔Penyakit dari Tauhid ini adalah Riya, Ujub
📘Imam ghazali : orang yang riya itu menyekutukan Allah dengan manusia. Sedangkan ujub dia itu sedangkan men syirikkan Allah dengan dirinya sendiri.
📖Q.S Al Kahfi 10
إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا
(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”
📘Ibn katsir menafsirkan ayat diatas adalah :inilah rukun ibadah yang diterima oleh Allah yaitu ikhlas dan sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
⚠Dan untuk mengetahui mana ikhlas, mana penyakit penyakit yang merusak keikhlasan jika tidak menuntut ilmu agama??
✔Dan juga untuk ibadah ibadah yang lain bagaimana akan tahu ibadah tersebut jika tidak menuntut ilmu agama.
⚠Kajian ilmu itu *Tematik* bagus tapi itu hanya untuk pengingat yang wajib agar mendalam adalah kajian *Kitab*
📘Imam Syafi’i : tidak ada sesuatu yang lebih utama setelah amalan wajib dibandingkan menuntut ilmu agama.
⚠Menuntut ilmu itu lebih utama daripada melakukan amalan Sunnah
📖HR : Sesungguhnya keutamaan ahli ilmu dengan ahli ibadah adalah seperti keutamaan ku dibandingkan orang yang paling rendah daripada kalian.

♣  *_#2 Tuntutan zaman_*
✔_Tuntutan_ maksudnya adalah meminta dengan keras bahkan harus agar dipenuhi
✔Karena kita berada di akhir zaman. Sedangkan berada di akhir zaman maka seseorang mendapati dua godaan besar
📘Ibn Qayyim : Godaan bagi manusia itu ada dua macam yaitu syubhat dan dia adalah godaan yang paling besar dari pada yang keduanya. Dan yang kedua adalah syahwat. Kadang di dalam diri seseorang terkumpul di dalam nya dua  sekaligus. Kadang di dapati salah satu nya saja.
✔Syubhat adalah hal yang samar samar dalam agama
⏩Sebagai contoh : Nabi adam dan hawwa di syurga terkena syubhat iblis
📖Q.S Al A’raf 20
فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَٰذِهِ الشَّجَرَةِ إِلَّا أَنْ تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ الْخَالِدِينَ
Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepada mereka agar menampakkan aurat mereka (yang selama ini) tertutup. Dan (setan) berkata, “Tuhanmu hanya melarang kamu berdua mendekati pohon ini, agar kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga).”
⚠ *Syubhat itu lebih Parah dari pada Syahwat*
⏩Obatnya adalah mengamalkan ayat berikut ( yaitu mengembalikan kepada dalil)
📖Q.S Al Imran 7
هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٌ مُحْكَمَاتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ ۖ فَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ ۗ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلَّا اللَّهُ ۗ وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ يَقُولُونَ آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ رَبِّنَا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ
Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad). Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok Kitab (Al-Qur’an) dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, “Kami beriman kepadanya (Al-Qur’an), semuanya dari sisi Tuhan kami.” Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal.

❕Tidak boleh datang nabi mungkar jika mendatangkan kemungkaran yang lebih besar

📘Ibn Qayyim (.. Lanjt)
Asal muasal dari syubhat adalah lebih mengutamakan akal daripada syariat. Godaan syubhat I tu dilawan dengan Al yaqin / ilmu dan godaan syahwat ditahan dengan sabar.
⏩ *Dan untuk sabar butuh ilmu*
📖HR : siapa yang berusaha sabar maka Allah akan memberikan sabar kepada nya.

♣ *_Kemuliaan_*
✔Menuntut ilmu agama itu tidak harus di majelis besar.

▪#1 orang yang berilmu tidak akan sama dengan orang tak berilmu dari segala sisi. Dari adab sikap bahkan sampai gaya bicara.
📖Q.S AZ Zumar 9
……….  ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

….. Katakanlah, “Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran.

▪#2 akan di tinggikan derajat

📖Q.S Al mujadilah 11
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

📖HR Ahmad : di zaman umar bin khattab ada gubernur bernama  Nafi Ibn Abdil bar dan beliau bertemu dengan umar. Kemudian umar bertanya: siapa yang kamu pilih menjadi waklimu selama kamu pergi . Nafi berkata : Ibn Abzar. Siapa dia kata umar. Nafi berkata : bekas budak kami. “Bekas budak kau angkat?”kata umar. Nafi berkata : Sesungguhnya dia hafal ayat ayat Al Qur’an dan mengetahui ilmu waris. Kemudian umar berkata ternyata benar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya Allah akan mengangkat orang dengan Al Qur’an ini ketika ia mempelajari nya, memahami dan mengamalkan nya. Dan akan menurunkan derajat seseorang karenanya pula.

▪#3 Menuntut ilmu agama itu akan membuat orang tersebut berarti dia Allah inginkan kebaikan untuknya

📖HR : من يرد الله به خيرا يفقه في الدين
Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan untuk nya maka Allah akan pahamkan agama ini

▪#4 dimintakan ampun seluruh makhluk di langit dan bumi

📖HR Ahmad :
Orang yang menuntut ilmu agama akan dimintakan ampunan oleh seluruh makhluk dari langit dan bumi bahkan sampai ikan ikan di dasar lautan.
✔ Kenapa ikan? Karena jumlahnya paling banyak di bumi. Sehingga ini menunjukkan banyaknya.

▪#5 ilmu agama lah yang membuat seseorang takut kepada Allah

📖Q.S Fatir : 28
…. ۗ إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ ۗ….
…. Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama…..
📘Setiap semakin kuat ilmu kepada Allah maka makin bertambah takut nya kepada Allâh.
📝Kita lihat Umar bin khattab manusia terbaik kedua setelah nabi dan abu bakr, manusia yang syaithon jika berjalan mereka takut kepada nya, manusia yang Allah berikan ilham. Umar saja masih bertanya kepada khudzaifah apakah ia termasuk dalam List orang munafik

📝Sebagaimana di riwayat Aisyah
📖Q.S Al mukminun 60
وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَىٰ رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ

dan mereka yang memberikan apa yang mereka berikan (sedekah) dengan hati penuh rasa takut (karena mereka tahu) bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhannya

📖HR : Aisyah bertanya siapa kah mereka yang dimaksud ayat ini ya Rasulullah? apakah yang berzina berjudi?. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata : ‘Bukan hai Bintu Shiddiq,Dia adalah orang yang sholat zakat dan ibadah tapi dia takut amalan nya tidak  diterima”

⚠Semakin kita berilmu maka semakin kita takut kepada Allah

@oelpha_hasana

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s