Resume Kajian

Detik detik wafatnya Rasulullah 

📚Detik detik terakhir wafatnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam 

Ust Bachtiar Abu Zakiyan, Lc

Ahad, 2 Rabi’ul Akhir 1438H

Masjid Al Fattah Jatinegara 
📂Materi 

📌Tidaklah agama mulai rusak setelah wafatnya Rasulullah 

📖HR : apabila ada diantara kalian tertimpa suatu musibah maka hendaknya dia mengingat bahwa musibah terbesar adalah wafat ku 

📄Imam Al qurthubi : karena musibah kehilangan Rasulullah itu lebih besar dari musibah apapun yang ditimpa semua umat muslim sampai hari kiamat. 

👉Kenapa? 

▪Terputusnya wahyu 

▪Pertama kali munculnya kejelekan umat ini yaitu murtadnya jazirah arab

📄Aisyah : Orang orang arab itu murtad dan kemudian muncul kemunafiqan secara terang terangan

▪Terputusnya kebaikan dan mulai berkurangnya kebaikan

📝 Umar bin khattab menangis ketika mendengar Al Maidah ayat 3
..Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang..
 di bacakan di padang Arafah ketika Rasulullah haji wada’. 

📖HR :Tidaklah datang kesempurnaan kecuali akan datang kekurangan. 

📌Maksudnya disini adalah wafatnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam karena tugas beliau shallallahu alaihi wa sallam telah selesei

📖HR : Bukankah aku telah menyampaikan semua perintah Allah kepada kalian?  Iya ya Rasulullah. Ya Allah saksikan bahwa umatku telah bersaksi bahwa aku telah menyampaikan seluruh risalah ini.  
📓 #1 Ayat di Al Qur’an dan Hadits tentang dekatnya ajal Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam 
📜Al Qur’an 

📖Ali Imran 144

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ ۚ أَفَإِنْ مَاتَ أَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلَىٰ أَعْقَابِكُمْ ۚ وَمَنْ يَنْقَلِبْ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَضُرَّ اللَّهَ شَيْئًا ۗ وَسَيَجْزِي اللَّهُ الشَّاكِرِينَ

Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur

👉Penjelasan :

📌Ayat ini turun tahun 3 Hijriah ketika perang uhud

📌Ayat ini menjelaskan bahwa sebelumnya nabi nabi telah datang dan mereka wafat maka nantinya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pun nantinya akan Allah wafat kan. 

📄Ketika itu bahkan para sahabat termasuk Umar bin khattab sampai meletakkan senjatanya jika Rasulullah wafat.  Dan ketika itu mushab bin umair yang wafat dikarenakan kemiripan nya dengan Rasulullah dan kaum munafikin mengira yang dibunuh Rasulullah. 

📌Jika dari manusia Rasulullah Allah lindungi maka Rasulullah akan nantinya wafat secara wajar
📖Az Zumar 2

Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya.
📖Q.S Al Anbiya 24

أَمِ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ آلِهَةً ۖ قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ ۖ هَٰذَا ذِكْرُ مَنْ مَعِيَ وَذِكْرُ مَنْ قَبْلِي ۗ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ الْحَقَّ ۖ فَهُمْ مُعْرِضُونَ
Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan selain-Nya? Katakanlah: “Unjukkanlah hujjahmu! (Al Quran) ini adalah peringatan bagi orang-orang yang bersamaku, dan peringatan bagi orang-orang yang sebelumku”. Sebenarnya kebanyakan mereka tiada mengetahui yang hak, karena itu mereka berpaling
📖Q.S Al Maidah ayat 3

.. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang… 
📖Q.S : An Nashr

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan

وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا

dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا

maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat

📄Ketika itu para sahabat bergembira. Karena ayat ini janggal kenapa Rasulullah disuruh bertaubat? Maka, kemudian Umar menangis dan kemudian datang kepada Ibn abbas dan bertanya tentang tafsir nya. Ibn abbas berkata :”ayat ini menerangkan dekatnya ajal Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ”
📜Hadits 

📖HR : Ketika itu Rasulullah melakukan lempar jumroh di Mina beliau berpaling kepada kaum muslimin dan bersabda :” Hendaklah kalian mengambil dariku bagaimana cara manasik haji ini.  Karena bisa jadi setelah tahun ini aku tidak bersama kalian (dalam riwayat lain : bisa jadi tahun depan aku tidak akan bisa haji bersama kalian)”. Para sahabat berkata :”ini adalah haji wada’ ”
📖HR :Ketika Rasulullah pulang dari haji wada’. Beliau mendengar penduduk yaman ingin ada seseorang menyampaikan dakwah disana, maka beliau mengutus Muadz bin jabal dan abu musa al Anshari.  Ketika akan berangkat beliau shallallahu alaihi wa sallam mendatangi Muadz dan memegang tangannya :”bisa jadi hai Muadz engkau tidak akan bertemu denganku setelah tahun ini. Maka engkau nanti akan hanya bisa melewati masjidku dan kuburanku”. Maka Muadz menangis. Rasulullah berkata :”Hai Muadz jangan menangis seperti itu karena tangisan seperti itu datangnya dari syaithon ”
📖HR : ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sakit dan mengikat kepalanya dengan kain hitam beliau naik ke mimbar dan diantaranya berkhutbah :”Sesungguhnya kaum muslimin ada seorang hamba yang Allah meminta dia untuk memilih antara dunia dan kemegahannya dengan apa yang ada disisi Allah dan hamba itu memilih apa yang di sisi Allah “. Dan ketika itu abu bakr langsung menangis. Umar berkata : ” Kami heran dengan abu bakr, setelah Rasulullah wafat maka kami baru paham bahwa abu bakr paling paham tentang hadits tersebut”
📖HR :  Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan meminta seluruh istrinya datang. Dalam keadaan seperti itu fatimah datang dan Rasulullah berkata : “selamat datang hai putriku silahkan duduk disampingku” kemudian Rasulullah mendudukan putrinya itu di sisi kiri dan kanan nya.  Kemudian fatimah dibisikkan nabi sesuatu fatimah menangis. Dan dibisikkan lagi kemudian fatimah tersenyum dan tertawa.  Aisyah heran dengan hal itu. Kemudian aisyah mendatangi fatimah :”Aku mohon dengan nama Allah apa yang dibisikkan Rasulullah kepadamu “. Fatimah berkata :” rasanya aku tidak pantas aku memberitahukan hal ini kepadamu “.  Tapi begitu Rasulullah wafat fatimah menceritakan : ketika itu Ayahku berkata :” wahai fatimah aku akan meninggal dari penyakit yang aku rasakan ini” lalu aku menangis dan ayahku berkata :”dan engkau adalah orang pertama dari keluargaku yang akan menyusulku” maka aku tersenyum.  Dan aku semakin tertawa “tidak kah engkau mau menjadi wanita terbaik di muka bumi?!”.  Dan benar bahwa tidak lama setelah itu Fatimah wafat. 
📓 Awal mula sakit nya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam 

📌Rasulullah itu ketika itu haji wada’ di bulan Dzulhijah di tahun 10 hijriah. 

📌Syariat haji turun tahun 9 hijriah dan meminta Abu bakr untuk memimpin kaum muslimin untuk berhaji. Dan inilah salah satu yang menunjukkan abu bakr yang diisyaratkan sebagai pemimpin setelah Rasulullah.  Ketika ada sahabat yang bertanya apakah haji wajib setiap tahun sekali?dan beliau jawab hanya sekali dan Rasulullah haji hanya sekali. 

📜Sakitnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam 

📝Rasulullah itu ketika itu pulang dari haji wada’ di bulan Dzulhijah di tahun 10H. Dan ketika masuk bulan Safar tahun 11H. Yaitu dua hari terakhir di bulan Safar. Beliau mulai merasakan sakit. 

📝Beliau berdiri diatas mimbar dan meminta kaum muslimin untuk berperang melawan romawi yang telah membunuh sahabat Rasulullah di perang mut’ah tahun 6H ketika hanya untuk menyampaikan pembelajaran tapi malah dikepung kaum Romawi. Beliau menyiapkan 15rb kaum muhajirin dan Anshar. Ditunjuk pemimpinnya adalah Usamah bin Zaid. 

📝Ahad malam senin tanggal 28 Safar tahun 11H Rasulullah merasakan sakitnya setelah sholat isya,  beliau menggandeng tangan  abu muaihibah. Rasulullah berkata “Hai muaihibah sesungguhnya Allah memerintahkan aku untuk beristighfar memintakan ampun kepada penghuni kuburan baqi’.  Sesungguhnya Allah memberikan pilihan kepadaku antara kehidupan yang lama di dunia ini dan apa yang ada di sisi Allah dan aku memilih apa yang disisi Allah”.  Abu muaihibah berkata pilihlah dua duanya. Tidak abu muaihibah aku memilih syurga dan bertemu Rasulullah. 

📝Kemudian Rasulullah mengunjungi para sahabat dikuburan Uhud dan Rasulullah semakin sakit. 

📝Tapi beliau senantiasa sholat berjamaah. Sampai di hari Kamis malam Jum’at beliau tidak sanggup memimpin ya dan jatuh.  

“Aku tidak pernah melihat seorang yang lebih berat sakitnya kecuali Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika sakit”. 

📝Para sahabat bergantian menjenguk termasuk Ibn mas’ud.  Dan berkata :”wahai Rasulullah sakit mu ini berat sekali 

Rasulullah :”Aku ini menanggung rasa sakit ini dua kali sakit dari apa yang dirasakan dua laki laki dari kalian” kemudian ia berkata 

“tidaklah suatu muslim yang ditimpa penyakit menggugurkan dosanya sebagaimana pohon menggugurkan daun kering”

📝Pada saat akan sholat isya’ pada hari kamis malam Jum’at. Beliau pingsan dan tersadar dan berkata :”apakah orang-orang sudah sholat? “. Maka suruh lah abu bakr untuk mengimami manusia. Aisyah berkata jangan ya Rasulullah jangan ayahku karna Abu bakr mudah menangis ketika membaca ayat.  Tapi Rasulullah tidak mau dan tetap memerintahkan abu bakr. 

📌ini adalah isyarat bahwa Abu bakr 

📝Maka abu bakr memimpin sholat jama’ah sampai 3 hari. Kecuali sholat jumat, sholat ini dipaksakan Rasulullah. Dan sekali lagi di hari sabtu tanggal 10 Rabi’ul Awwal Rasulullah datang untuk sholat berjama’ah. 

📝Pada hari senin tahun 12 Rabii’ul Awwal. Kaum muslimin sudah bersiap siap untuk sholat dan abu bakr hendak memimpin sholat. Dan Para sahabat dikagetkan Rasulullah membuka sitar rumahnya dan beliau tersenyum dan wajahnya sangat putih tanpa di kepala nya tidak ada kain di kepalanya.  Para sahabat sampai terfitnah mengira Rasulullah telah sembuh. 

📄Para ulama menjelaskan senyuman itu adalah senyum kemenangan, senyum keberhasilan bahwa tanpa beliau kaum muslimin sudah bisa menegakkan sholat berjama’ah. 

📝Ketika itu Abu bakr masuk ke rumah Aisyah dia mencium kening Rasulullah dan berkata kepada aisyah :”wahai aisyah  aku melihat Allah telah mengangkat penyakit Rasulullah, maka izinkan  aku mengunjungi istriku habibah bintu kharijah bin zaid  di سنح. 700meter dari masjid Nabawi

📝Ketika abu bakr pergi, panas Rasulullah meninggi ketika mendekati waktu dhuha. Sampai ketika Rasulullah meletakkan tangannya di bejana dan berkata :”laa ila ha illallah sesungguhnya setiap kematian itu ada sakarat. Ya Allah bantu aku menghadapi sakaratul maut”

Di riwayat lain Rasulullah mengucapkan doa “Ya Allah ampunilah aku, berikanlah rahmatmu kepadaku,  pertemukan aku dengan sahabat sahabat yang mulia” 

📝Kemudian Rasulullah memanggil seluruh ahlul bait (anak istri nya dan keluarganya) dan usamah bin Zaid. 

📝Aisyah membopong beliau diletakkan di leher dan dada beliau. Fatimah memegang tangan Rasulullah dan berkata lirih :”Ya allah betapa beratnya sakit ayahku ini”. Rasulullah “wahai Putri ku tidak akan ada lagi sakit lagi bagi ayahmu”. Fatimah berkata :”wahai ayahku Allah telah mengabulkan doamu dengan syurga “. Dan Rasulullah berkata :”. Kemudian Rasulullah berkata kepada aisyah: “wahai aisyah aku merasakan urat nadiku sakit dari sisa racun di khaibar”. 

📝Kemudian beliau mengatakan perkataan terakhirnya :”Ya Allah kumpulkan aku bersama orang orang yang baik dan mulia “.  

📝Dan nyawa Rasulullah dicabut oleh malaikat jibril. Beliau meninggal tidak meninggalkan apa apa. Hanya meninggalkan baju perang yang tergadaikan pada yahudi dan hutang yang dibayarkan para sahabat nantinya

📝Madinah gempar, orang yang tidak bisa berdiri langsung berdiri. ali bin abi thalib bingung, Utsman mengunci dirinya di rumahnya,  semua orang menangis. Umar tidak bisa menerima hal ini, sambil menghunuskan pedang :”kenapa kalian menangis?! Demi Allah Rasulullah tidak meninggal,  beliau hanya bertemu dengan Rabbnya sebagaimana Musa bertemu dengan Rabbnya selama 40 hari kemudian akan kembali.”Madinah gempar. Kemudian datang Abu bakr ash shiddiq langsung menuju ke masjid Nabawi dan maauk ke rumah Rasulullah. Allah tika akan mengumpulkan mu diantara dua kematian adapun kematian di dunia telah kau rasakan.kau hidup dengan baik dan mulia. Kemudian beliau Mencium kening Rasulullah dan menutup kafan beliau. 

📝 Kemudian abu bakr berdiri di samping umar mimbaf

Hai manusia barang siapa yang menyembah Muhammad sesungguhnya Muhammad telah wafat dan siapa yang menyembah Allah maka Allah kekal.  Kemudian membaca ayat 

📖Al Imran 144.
📝Kemudian umar tertunduk demi Allah aku hafal ayat itu tapi aku ketika itu merasa baru mendengar ayat itu. 

📄Imam Al qurthubi menafsirkan ayat ini : ayat itu adalah dalil yang kuat dari keberanian abu bakr ash shiddiq dan kekuatan hatinya. Sesungguhnya keberanian dalam islam itu tidak di ukur bagaimana ia menegakkan pedang.  Tapi keberanian dalam islam adalah bagaimana ia berdiri tegak diatas musibah yang paling besar dan tidak ada musibah yang paling besar kecuali wafatnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 
📝Kemudian mulailah di urus jenazah 

📖HR dari Aisyah Radiyallahuanhuanha : ketika para sahabat ingin memandikan Rasulullah, kaum muslimin bingung. Dan mereka di kantuk kan dan mendengar suara :”mandikan beliau dan jangan lepas bajunya”. 

📌Beliau dimandikan diatas.  Yang menandakan diatas Khomis nya. 

Yang memandikan :

🔹Ali bin abi thalib

🔹Al fadhl Ibn abbas

🔹Usamah bin zaid

🔹Dan beberapa orang kerabat nya. 

📌Beliau di kafani 3 Lapis kain berwarna putih dari yaman

📌Rasulullah ketika di sholatkan diriwayatkan tanpa imam. Sampai seluruh umat islam menyolatkannya. Sampai keesokan harinya

📝Karena banyak yang akan menyolatkannya maka Beliau dikuburan 13 rabii’ul Awwal 12H antara maghrib dan isya. 

📝Kaum muslimin kemudian bingung dimana beliau akan di kubur kan. Kemudian abu bakr datang :”beliau pernah bersabda tidak ada satu nabi pun yang di cabut nyawanya di suatu tempat maka ditempat itu pula dikuburkan”

📝Abu thalhah al Anshari kemudian membongkar tanah di kamar aisyah dan membuat kuburan Rasulullah dengan cara Laht 

📌Cara membuat kuburan dalam islam ada dua bentuk

🔹Laht

🔹Syaq (dipakai oleh mekkah) 

📄Syaikh Albani : boleh memakai kuburan dengan Laht dan Syaq. Tapi yang pertama lebih afdhol karna Nabi tidak pernah dipilihkan oleh Allah dan dipilih lah yang terbaik. 

📝Kemudian Rasulullah dikuburkan

📄Imam Ibn ishaq al Anshari : dan orang-orang yang turun adalah :

🔹Ali bin abi thalib 

🔹Al Fadhl Ibn abbas. 

🔹Qasm bin abbas 

🔹Syaqron, budak Rasulullah 
📓 Pelajaran yang dipetik dari wafatnya Rasulullah :

▪Bahwasanya kematian pasti memiliki ajal bagi manusia yang hidup bagaimanapun panjang umurnya dan bagaimanapun statusnya di dunia. Dan ini juga yang disebutkan dalam Al Qur’an dan Hadits. 

▪Bahwasanya tidak ada manusia yang akan selamat dari sakaratul maut. 

▪Musibah wafatnya Rasulullah adalah musibah terbesar yang menimpa umat ini. Dan apabila kita ditimpa musibah maka Nabi perintahkan kita untuk mengingat musibah terbesar adalah wafatnya Rasulullah. 

▪bahwasanya kebaikan Rasulullah yang diberikan kepada kita itu lebih besar dari kebaikan manusia siapapun 

▪Begitu banyak Nabi yang mengingatkan untuk melakukan amal sholeh.  Di akhir hayat beliau banyak yang beliau sampaikan  :

📖HR :Wahai kaum muslimin sholat sholat 

📖HR : Semoga Allah melaknat yahudi dan nasrani mereka membuat kuburan nabi mereka masjid. Maka jangan jadikan kuburanku masjid. 

📌Ketika zaman khulafaur rasyidin kuburan nabi tidak masuk masjid Nabawi. Dan Abdullah bin Marwan karena tidak simetris meminta izin ulama diantara malik bin anas.  Jikalau tidak dihancurkan rumah Rasulullah maka umat ini akan melihat sederhana nya kuburan Rasulullah 

📖HR : Aku tinggalkan kalian dua hal maka jika kalian berpegang padanya maka kalian tidak akan sesat selama lamanya

▪Kiat dianjurkan untuk menulis dan memberikan wasiat ketika kita sakit keras. 

▪Dari kisah abu bakr dianjurkan kita untuk teguh dan sabar dalam menerima musibah dan musibah terbesar adalah wafatnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 

▪Dalam kisah umar bahwa betapa dalam cinta sahabat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sampai melupakan ayat Allah di Ali Imran 144.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s