Resume Kajian

Spirit of Sunnah 1.0

​📚The Rabbanian : “Spirit Of Sunnah 1. 0″ 

Ust Abu Yahya Badrussalam 

Masjid Agung Al Azhar Kebayoran 

Rabu, 28 rabii’ul Awwal 1438H
📂 Mukaddimah

📌 Pentingnya kita untuk menghidupkan sunnah dalam kehidupan, keseharian dan gaya hidup kita. Jangan sampai ikut sunnah hanya sebatas Aqidah dan ibadah tapi tidak pada keseluruhan ibadah. 

📌Sunnah itu sebuah kata yang maknanya sangat luas. Yaitu semua yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam itu disebut sunnah.Tapi setelah munculnya ilmu ilmu dalam islam, masing masing ilmu mendefinisikan sesuai dengan disiplin ilmu tersebut. 

▪Menurut ilmu fiqih 

📌Sunnah itu jika dilakukan dapat pahala jika tidak maka tidak dapat pahala ini di ditenarkan oleh Imam Al juwainy dalam kitab al waraqath.  📌Tapi Ini banyak di kritik oleh para ulama karena tidak selamanya orang yang melaksanakan sunnah itu dapat pahala. Cth : Jika riya’ ketika melakukan sholat sunnah maka tidak dapat pahala. Apabila seseorang meninggalkan sunnah karena tidak suka dan tidak setuju maka bisa jadi dosa. 

📌Ulama mengatakan bedakan untuk sunnah yang ditekankan (muakaddah)  dan yang tidak (ghoiru muakkadah). Jika sunnah muakkadah yang ditinggalkan itu maka tercela. 

▪Aqidah

Sunnah adalah kebalikan dari bid’ah

▪Hadits 

Semua yang berasal dari Rasulullah baik berupa perkataan, perbuatan, persetujuan ataupun sifat baik berupa akhlaq ataupun fisik

⚠Kalau dikatakan berpegang pada sunnah itu maksudnya Hadits. 

👉Sunnah itu bukan hanya penampilan, tapi harus dilihat Aqidah,  tata cara ibadahnya dst.. ⚠Mengikuti sunnah itu jangan sebagian sebagian, tapi keseluruhan karena Rasulullah itu suri tauladan kita. 

📖Q.S :Sungguh pada diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik. 

⚠Maka nyunnah itu jika mengikuti sunnah secara total dan keseluruhan. 

📖Q.S: Hai orang-orang beriman masuklah kepada islam secara keseluruhan (kaaffah) 
📂Pembahasan definisi sunnah dari kitab At-Targhib wa At-tarhib

📓Hadits #1 

📖HR Tirmidzi : dari Al irbath bin sariyah : Rasulullah memberikan wejangan kepada kami dengan wejangan yang membuat kami takut dan menangis kemudian kami berkata :”Ya Rasulullah sepertinya itu adalah nasehat perpisahan maka berwasiatlah kepada kami”.  Kemudian Rasulullah bersabda :”Aku berwasiat kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah.  Mendengar dan menaati pemimpin walau di pemimpin oleh  hamba sahaya. Sesungguhnya siapa diantara kalian yang berumur panjang maka ia akan melihat perpecahan yang banyak. Hendaklah kalian disaat itu berpegang kepada sunnahku dan sunnah Khulafaur rasyidin yang diberi petunjuk. Gigit dengan gigi geraham,  jauhi oleh kalian perkara agama yang dibuat buat karena semua bid’ah itu adalah kesesatan”

👉penjelasan :

📌Dalam pemilihan sesuai syariat itu ulama sepakat harus orang merdeka bukan hamba sahaya. Maka jika ada hamba sahaya yang pemimpin berarti sistemnya pasti bukan sesuai syariat. 

📌Dan perpecahan ini sudah terjadi semenjak zaman sahabat dan biasanya di awali oleh yahudi dan nasrani seperti :

▪Syiah itu di pelopori Abdullah bin saba’ itu orang yahudi. 

▪Khawarij yang mudah mengkafirkan manusia dan menghalalkan darah kaum muslimin. 

▪Murji’ah itu mengatakan iman itu cukup dihati yang penting percaya dengan Allah. Mau maksiat terserah yang penting dihati. Sehingga mereka menyamakan iman abu bakr As shiddiq dan  Abdullah bin ubay bin salul

📌Khulafaur rasyidin itu abu bakr, umar, Utsman, Ali Radiyallahuanhum

📖HR Abu daud : “umat islam akan terpecah menjadi 73. Yang Selamat hanya satu yaitu Al jama’ah”. Para sahabat bertanya siapa itu al jama’ ah. Rasulullah menjawab :”Yaitu yang aku dan sahabatku ada diatasnya”

📄Sehingga Al jama’ah adalah yang mengikuti  sunnah Rasulullah dan sunnah Khulafaur rasyidin

📌Mengapa digigit dengan gigi geraham? Karena memegang sunnah itu terkadang berat. 

📌Perang uhud dan perang hunain kekalahan nya di abadikan di Al Qur’an karena tidak mentaati Allah dan rasulNya pada perang uhud serta berbangga dengan jumlah yang banyak ketika perang hunain.

📖HR :Akan datang suatu zaman orang memegang agamanya seperti memegang bara api. 

⚠Orang yang menyelisihi sunnah Rasulullah pada akhirnya tidak akan ditolong

⚠Apalagi zaman sekarang ini adalah zaman fitnah maka harus kuat kuat memegang sunnah. 

📌Sebagai contoh fitnahnya zaman sekarang : umat islam ikut ikutan merayakan tahun baru padahal di dalamnya ada tiga syiar syiar yahudi nasrani dan majusi.

⚠Makanya harus kuat kuat pegang sunnah Rasulullah. 

📌Jangan buat hal hal yang baru dalam agama. Kewajiban kita hanya mengikuti. 
📓Hadits #2

📖HR Thabrani dalam al mu’jam al kabir : Rasulullah shallallahu alaihi wa sallambersabda :”berbahagialah bukankah kalian bersaksi bahwa tiada tuhan yang haq kecuali Allah dan bahwasanya aku adalah Rasulullah?” Sahabat berkata :”Benar”

Rasulullah :”Sesungguhnya Al Qur’an ini adalah sebab ujungnya di tangan Allah dan ujungnya yang lain ditangan kalian. Maka berpeganglah kepadanya sebab kalian tidak akan tersesat dan binasa untuk selama lamanya”

📖HR : Aku tinggalkan kalian dua perkara jika kalian berpegang padanya maka kalian tidak akan tersesat( yaitu al Qur’an dan sunnah) 

📖Q.S Al Imran 101 :

وَكَيْفَ تَكْفُرُونَ وَأَنْتُمْ تُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ آيَاتُ اللَّهِ وَفِيكُمْ رَسُولُهُ ۗ وَمَنْ يَعْتَصِمْ بِاللَّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ
Bagaimanakah kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus

👉Disini Allah mengatakan kalian tidak akan kafir jika selama membaca kalam Allah dan selama ada Rasulullah disisi kita ( Hadits Rasulullah) 

⚠Sibukkan diri dengan ilmu agama, belajar Al Qur’an, belajar Hadits. 
📓Hadits #3 sama dengan hadits #2
📓Hadits #4

📖HR Al Hakim : dari Ibn abbas bahwa Rasulullah berkhutbah pada haji wada’ : “Sesungguhnya syaithon telah berputus asa untuk disembah di tanah kalian akan tetapi syaithon rela ditaati kalian dari perkara perkara selain itu yang kalian anggap remeh dari amalan kalian. Maka berhati Hati hati lah. Sesungguhnya aku telah meninggalkan kalian sesuatu yang kalian tidak akan tersesat selama lamanya selama kalian berpegang padanya yaitu Al Qur’an dan al Hadits”

📄Ibn qayyim : Syaithon itu menyesatkan sedikit sedikit.. 

📖Q.S :Jangan kalian mengikuti langkah langkah syaithon. 

📌pertama kita dibuat meremehkan ibadah yang sunnah, kemudian meremehkan yang wajib dst.. 

⚠Iblis itu hidup ribuan tahun sebelum kita maka sangat paham apa yang disukai manusia dan masuk didalamnya untuk menggoda kita. 

⚠Maka jika kita sudah meremehkan sunnah maka tandanya kita akan meninggalkan sunnah. Dan jika kita sudah meremehkan maksiat tandanya kita akan melakukan maksiat tersebut. 
📓 Hadits #5

📖dari Ibn mas’ud Radiyallahuanhu berkata : sedikit ibadah diatas sunnah lebih baik dari pada bersungguh sungguh dalam bid’ah
⚠Karena ibadah yang tidak ada tuntunan nya dari Allah dan rasulNya tidak akan diterima karena Allah ingin diibadahi sesuai cara yang Allah cintai dan ridhoi

📌Tapi bukan berarti lebih baik ibadah sedikit tapi disini Ibn mas’ud mengingatkan pentingnya ibadah sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 
📓Hadits #6

📖HR  Thabrani : Rasulullah mendatangi kami dalam keadaan lemas :”taatilah aku selama aku diantara kalian. Berpegang pada kitabullah. Halal kan apa yang dihalalkanNya dan haramkan apa yang diharamkanNya”

📌Maksud nya selama aku diantara di kalian untuk saat ini adalah Hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam 

👉Jangan suka menghalalkan apa yang Allah haramkan seperti kaum yahudi  dengan cara akal akalan. 

Contoh : orang yahudi tidak boleh makan gaji sapi tapi dijadikan minyak, orang yahudi tidak boleh mengambil ikan dihari sabtu kemudian mereka melempar jala di hari Jum’at sore dan diambil minggu pagi. 
📝Sejauh mana kita menaati pemimpin :

📖HR :Tidak boleh menaati makhluk untuk maksiat kepada Allah. 

📌Jika pemimpin muslim maka taatilah karena diperintahkan Allah dan bertaqarub pada Allah selama tidak bertentangan dengan syariat 

📌Jika pemimpin non muslim maka taatilah karena menghindari mudharat yang lebih besar
📂 Tanya Jawab 

📝Bagaimana cara mengetahui kita menuntut ilmu kepada orang yang benar. 

📄Pepatah arab : man jadda wa jadda

📌Imam Nawawi :menuntut ilmu itu pada ahlinya, hendaknya ia lurus Aqidah nya. 

📖HR : Diantara tanda tanda kiamat adalah ilmu diambil dari as shogir

📌Maka tanda nya itu sunnah itu harus sesuai dengan Al Qur’an dan sunnah serta pemahaman sahabat. 

📌Dengan Al Qur’an dan sunnah saja tidak cukup karena seperti Khawarij itu pemahaman nya salah padahal mereka juga memegang Al Qur’an. 

👉Hadits tentang khawarij 

📖HR : kalian akan menganggap remeh sholat kalian dibandingkan sholat mereka.  Dan kalian akan menganggap remeh puasa kalian dari puasa mereka. Mereka melesat dari agama bagaikan anak panah yang melesat dari buruan ya. 

📖HR:  Khawarij itu anjing anjingnya neraka 

📄Imam syafi’i : para sahabat diatas kita dalam setiap ilmu, akal ijtihad kira. Pendapat para sahabat lebih layak untuk kita ikuti. 
📝 Bagaimana menasehati tentang sunnah kepada orang yang lebih tua  tanpa menggurui.

📌Perbaiki sikap kita kepada orang tua dan berbakti kepada orang tua.  Kalau kita sudah berbakti maka biasanya orang tua akan mendengar. 

📌Menasehati orang tua harus liat kemampuan kita untuk menasehati. Karena seperti nabi musa saja memerlukan harun. Maka jika kita tidak sanggup maka cari orang yang dihormati oleh orang yang lebih tua. 

📌Jika kita mampu menasehati maka kita harus tau psikologi orang yang kita nasehati.  Sehingga mengetahui waktu yang tepat. 

📌Lakukan pendekatan dulu. Setelah dekat maka kita akan mudah masuk sedikit demi sedikit. 

📂Kesimpulan 

Sibukkan diri untuk mempelajari dan mengamalkan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam 

@oelpha_hasana 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s