Resume Kajian

Persahabatan,  wahai Rasulullah 

​📚The Rabbanian “Persahabatan, wahai Rasulullah” 

Ust Muhammad Nuzul Dzikri 

Rabu, 22 Rabi’ul Awwal 1438H

Masjid Agung Al Azhar Kebayoran 
📂Materi 

📝Setelah baiat Aqobah yang ke dua. Nabi mengizinkan para sahabat untuk hijrah ke madinah secara kloter kloter tidak sekaligus. 

📌Dan pada saat Rasulullah membuka pintu hijrah, sosok yang benar benar terpanggil dan senantiasa bertanya kapan giliran beliau hijrah, beliau terus menerus bertanya. Sampai Rasulullah menyatakan “Sabar hai abu bakr, semoga Allah memberikan teman Safar yang baik buat anda”

📌Abu bakr memiliki harapan untuk bisa ber Safar dengan Rasulullah. 

📌Beliau menyiapkan dua ekor unta yang diberi makan dari daun samur.

📝Aisyah berkisah : Tidaklah ada perkembangan baru, kecuali Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pasti berdiskusi dengan Abu bakr. Dan beliau biasanya datang pada hari pagi dan sore. Tapi hari itu beliau datang siang hari.  

Dan sampainya di rumah itu aisyah dan abu bakr berfikir pasti ada sesuatu. Maka,  begitu Rasulullah sampai seisi rumah sudah bersiap siaga.  Di dalamnya ada Abu bakr,  aisyah dan asma’ binti abu bakr. Rasulullah berkata :”tolong keluarkan seluruh keluargamu saya ingin berbicara denganmu”

Abu bakr : “Ya Rasulullah aisyah dan asma itu keluarga engkau” 

Rasulullah kemudian menjelaskan : “Hai abu bakr,  Allah telah mengizinkan aku untuk berhijrah” 

Kemudian Abu bakr menangis dan berkata :”Persahabatan ya Rasulullah, saya akan temani engkau hijrah ke madinah”. Aisyah berkata :”Aku tidak pernah melihat orang yang menangis karena gembira sampai aku melihat ayahku menangis mendengar Rasulullah akan berhijrah ”

⚠Hijrah disini, bukan perkara mudah. Abu bakr itu orang kaya,  dia harus meninggalkan semua hartanya dan keluarganya untuk hijrah. Abu bakr harus meninggalkan segalanya. 

⚠Para sahabat itu nangis karena ibadah,  karena ingin jadi sahabat nabi. Tidak ada euforia yang lebih berharga selain bisa melakukan ketaatan kepada Allah bagi mereka. 

⚠Pernahkah kita menangis karena bisa mengamalkan sunnah Nabi??? 

👉Abu bakr harus melewati 450 kilo hanya dengan 2 unta. 

👉Hal ini mengingatkan kita tentang perang tabuk. Zaman dulu perang harus mengeluarkan dana. 

Dan ada sebagian orang miskin yang tidak punya harta. Dan Allah abadikan kisahnya dalam Al Qur’an :

📖At taubah 92

وَلَا عَلَى الَّذِينَ إِذَا مَا أَتَوْكَ لِتَحْمِلَهُمْ قُلْتَ لَا أَجِدُ مَا أَحْمِلُكُمْ عَلَيْهِ تَوَلَّوْا وَأَعْيُنُهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ حَزَنًا أَلَّا يَجِدُوا مَا يُنْفِقُونَ

dan tiada (pula) berdosa atas orang-orang yang apabila mereka datang kepadamu, supaya kamu memberi mereka kendaraan, lalu kamu berkata: “Aku tidak memperoleh kendaraan untuk membawamu”. lalu mereka kembali, sedang mata mereka bercucuran air mata karena kesedihan, lantaran mereka tidak memperoleh apa yang akan mereka nafkahkan. 

📓Ibn rajab: itu laki laki yang sebenarnya mereka menangis karena tidak bisa ikut kafilah yang mengantarkan untuk syahid. Adapun laki laki yang menangis karena dunia itu seperti anak kecil. 

📓Ulama : kalau takdir menentukan kalau kita tidak bisa menjadi pendamping Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, paling tidak jadilah pendamping sunnahnya. Tegakkan sunnahnya.

⚠Dan Yang Rasulullah perintahkan kepada kita itu tidak seperti perintah kepada para sahabat. Tidak seberat yang diperintahkan kepada sahabat. 

📖HR : Rasulullah berkata :”Aku rindu dengan saudaraku”.  Para sahabat berkata :”bukankah kami saudaramu ya Rasulullah? ”

Rasulullah berkata :” kalian itu adalah sahabatku,  saudaraku adalah mereka yang beriman kepadaku sedangkan mereka tidak pernah bertemu denganku”. Kemudian para sahabat bertanya :”

Dimana engkau mengetahuinya ya Rasulullah? “.  Rasulullah berkata :

“akan ada tanda, pada hari kiamat nanti mereka wajah mereka akan bercahaya karena bekas air wudhu dan aku akan menanti mereka di Telaga ”
📂Tanya Jawab 

📝Maksudnya mendampingi sunnah apakah hanya dengan melakukan sunnah seperti tidak isbal dst.. Karena di luar banyak ujian ya. Seperti jika jenggot dan isbal dianggap teroris. Bagaimana cara menghadapi mereka? 

▪📓Al imam Al barbahari : sunnah itu islam dan islam itu sunnah

▪Maksudnya disini bukan sunnah dalam perspektif fiqih tapi maksudnya adalah ajaran yang dibawa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yaitu islam secara keseluruhan. 

▪Yang pertama kali dilakukan di awal hijrah adalah fokus ke hati

📖HR Ahmad :seseorang itu tidak akan istiqomah jika hati kita tidak istiqomah. 

📌Inti dari hijrah itu bukan penampilan,  memang seperti jenggot itu adalah sunnah seluruh Nabi. Ulama sepakat jika tidak isbal itu  sunnah dan dapat pahala, meski ada khilaf yang tidak isbal dosa apa tidak terkait kesombongan apa tidak. 

⚠Itu bagus dan positif dan harus melakukannya karena jika perkara kecil ini kita tidak sanggup apalagi perkara besar. 

👉Tapi inti dari hijrah itu bukan penampilan karena jika inti dari hijrah penampilan itu maka akan berhenti disana karena inti nya sudah didapat. Dan akan stuck disana. Sehingga lupa keikhlasan, lupa tauhid,  lupa ketawadhuan. 

⚠Inti dari islam adalah tauhid kepada Allah. Inti dari tauhid adalah keikhlasan. 

📖iman seorang hamba tidak akan istiqomah sampai hatinya istiqomah

⚠Intinya adalah ketawadhuan, keikhlasan dan untuk mencari ridho Allah saja

▪Jika ada orang membully kita karena kita hijrah itu sudah ada sejak jaman nabi Nuh.  Bukan perkara baru. 

📖Q.S Nuh 7

وَإِنِّي كُلَّمَا دَعَوْتُهُمْ لِتَغْفِرَ لَهُمْ جَعَلُوا أَصَابِعَهُمْ فِي آذَانِهِمْ وَاسْتَغْشَوْا ثِيَابَهُمْ وَأَصَرُّوا وَاسْتَكْبَرُوا اسْتِكْبَارًا

Dan sesungguhnya setiap kali aku menyeru mereka (kepada iman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (kemukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan menyombongkan diri dengan sangat

⚠Ini dilakukan 950 tahun. Kita tidak ada apa apany?! 

👉Apa yang dilakukan nabi nuh

📖Q.S Nuh 8-10

ثُمَّ إِنِّي دَعَوْتُهُمْ جِهَارًا

Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan

ثُمَّ إِنِّي أَعْلَنْتُ لَهُمْ وَأَسْرَرْتُ لَهُمْ إِسْرَارًا

kemudian sesungguhnya aku (menyeru) mereka (lagi) dengan terang-terangan dan dengan diam-diam

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-,

📌itulah yang dilakukan nabi nuh tetap berdakwah maka tenang lah tetap sabar. Dan orang itu harus diuji agar tau mana yang mencari akhirat dan mana yang karena dunia. 
📝Ada masa dimana Rasulullah dan para sahabat menghadapi situasi yang tidak baik. Tidak memiliki persenjataan ketika menghadapi musuh. Akan kah itu dihadapi para orang yang mencintai Rasul di masa akan datang

▪ya jelas

📖HR Tirmidzi abu dawud : setelah ini akan ada hari hari kesabaran. 

📖Al Ankabut 2 :

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ
Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?
📝orang orang yang akan meminum Telaga nabi adalah orang yang tidak terkenal. Bagaimana dengan seseorang yang terlanjur terkenal? 

▪bagaimana jika kriteria yang disebutkan itu kita tidak masuk kedalamnya. 

⚠Solusinya itu adalah jangan dinikmati, jangan menikmati ketika kita dihormati orang, jangan menikmati ketika orang menyambut dst…

⚠Maka jika sudah terlanjur seperti itu dan ingin meminum di Telaga pertama kali. Menghilangkan rasa gembira kita ketika memiliki nya. 

📖Q.S Al Qasas 83

تِلْكَ الدَّارُ الْآخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لَا يُرِيدُونَ عُلُوًّا فِي الْأَرْضِ وَلَا فَسَادًا ۚ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ
Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa

⚠Syurga itu untuk orang yang tidak mau terkenal,  tidak mau show off dan tidak melakukan kerusakan di bumi. Syurga itu untuk orang orang yang Tawadhu. 

📓Syaikh Utsaimin di majelis nya pernah berkata ke murid muridnya :”bertakwalah kepada Allah sebelum kalian di fitnah di negeri negeri kalian, untuk menjadikan kalian rujukan”

⚠Semua keterkenalan itu  adalah fitnah dan Berusahalah selalu jadi Zero

📖HR Muslim : Barangsiapa yang merendah karena Allah maka Allah akan tinggikan dia di dunia dan di akhirat 

📓Kaidah ulama mengatakan :

Barangsiapa yg tidak suka populer dia yang akan populer

📝Zibabwe punya judul buku namanya “Al kitab”  karena di cover buku tersebut tidak ada judul dan tidak ada nama penulis.  Beliau melakukan nya karena ia takut terkenal. 

⚠Jika kita dikenal orang maka jangan gembira dan bangga. Itu ujian. 

📓Imam syafi’i: sifat buruk yang terakhir yang keluar dari orang orang sholeh adalah cinta popularitas 
📝Bagaimana cara yang enak mengucapkan hari besar ke agama lain.

▪Islam itu adalah agama toleransi 

📖Al Mumtahanah 8

لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ
Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.

📌Semua ada batasnya dan kita dilarang untuk mengucapkan selamat di hari raya mereka. 

Masalah mengucapkan selamat  natal ini bukan masalah kontemporer ini masalah  kasik . Hal ini udah ada di zaman nabi.

⚠Ini bukan masalah  kontemporer  , udah ada sejak zaman nabi , tidak perlu ribet mengkajinya tinggal cek saja apakah Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  mengucapkan selamat atau tidak? Jika nabi tidak mengucapkan simple kita tidak perlu melakukan.  Simple saja, jika tidak kenapa diribetkan . Jika Rasulullah  tidak mengucapkan , Jangan ucapkan. 

▪Agama yang kita yakini bahwa Trinitas itu kekufuran.  Dan kekufuran itu dosa yang paling besar 

📖Q.S Lukman 13

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar

👉Maka konsekuensi nya, jika kita mengucapkan selamat pada dosa kekufuran maka kita jadi diperbolehkan mengucapkan selamat pada dosa yang dibawah itu seperti zina, sakau, minum khamr.. Dst

👉Bagaimana dengan atribut? 

📓Imam Suyuthi seorang ulama besar mazhab syafi’i : orang yang menyerupai orang non muslim meskipun dia tidak meyakini maka orang seperti ini ditangkap dan di hukum secara legal

👉Kenapa? 

📖HR Bukhari Muslim : Kalian harus menyelisihi orang-orang non muslim

📖HR abu dawud : Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia bagian dari kaum tersebut 

⚠Hidup ini ujian untuk menunjukkan ketakwaan. 

⚠Kita harus yakin bahwa yang memberikan rezeki adalah Allah. 

📖HR :Barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah maka Allah akan ganti yang lebih baik
@oelpha_hasana 

Advertisements

2 thoughts on “Persahabatan,  wahai Rasulullah ”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s