Resume Kajian

Jangan Cemburu 

​📚 Jangan Cemburu 

Ust Syafiq Riza Basalamah

Ahad, 15 Muharram 1438H 

Masjid Nurul Iman Blok M Square 
📂 Materi 

📌Cemburu itu adalah sifat mulia

📖HR :Sesungguhnya Allah itu cemburu,  orang yang beriman juga cemburu, dan kecemburuan Allah itu ketika mukmin melakukan yang haram 

📖HR  : “Ada tiga orang yang tdk akan masuk syurga selama lamanya yaitu seorang dayuts,  wanita yang menyerupai laki laki dan orang yang kecanduan khamr” Para sahabat bertanya tentang apa yang dimaksud dayuts. Rasulullah menjawab :”orang yang tidak punya rasa cemburu”. Dalam riwayat lain orang yang membiarkan keluarganya bermaksiat. 

📖HR : sa’ad berkata “andai aku melihat orang dengan istriku akan aku pukul dengan pedang”. Kemudian Rasulullah bersabda :”Apakah kalian takjub dengan kecemburuan sa’ad, demi Allah, aku lebih cemburu dari dia”

📖HR : Ketika aku tertidur aku bermimpi di syurga. Aku melihat seorang wanita yang berwudhu di sebelah istana. Maka aku bertanya kepadanya : “istana ini milik siapa?”. Punya umar bin khattab. Karena ingat Rasulullah dengan kecemburuan Umar, maka Rasulullah pergi.  Kemudian Rasulullah menceritakan ini kepada umar,  umar pun menangis dan berkata :”Apakah aku cemburu padamu ya Rasulullah? Bapak dan ibuku menjadi tebusan untukmu 

📝Ibn katsir menceritakan tentang kisah di sebuah daerah.  Ada wanita melaporkan suaminya yang tidak membayar mahar sejumlah 500 dinar(2 kg emas). Ketika suaminya datang, ia mengaku tidak punya hutang mahar 500 dinar.  Kemudian ketika hakim memaksa untuk membuka cadar istrinya untuk memastikan wanita itu benar-benar istrinya. Tapi suaminya tidak mengizinkan dan mau membayar utang 500 dinar dikarenakan ia cemburu. Kemudian, Istrinya berkata :”Aku halal kan 500 dinar itu untuk dia di dunia dan akhirat “. Hakim berkata :” hal seperti ini seharusnya ditulis dalam bab akhlaq yang mulia”

📝Kisah ada seorang syarifah yang masih memiliki keturunan Rasulullah dia di goda orang romawi,kemudian ia berkata “kemana muktasim?”.  Orang romawi berkata “Muktasim tidak akan mendengar engkau”. Kemudian ada yang mendengar  dan melaporkan ke muktasim dan ia datang ke amoria untuk menaklukkannya demi menyelamatkan wanita muslimah ini. 

📒 Kecemburuan di rumah tangga

▪Ada yang keterlaluan

▪Ada yang tidak peduli 

▪Yang dibolehkan adalah yang tengah-tengah 

📝Kisah : Asma membawa kurma dari kebun Zubair dan Rasulullah lewat dengan rombongan, dan menawarkan untuk menumpanginya kemudian asma menolak karena dia tau kecemburuan Zubair bin awwam

📌Kecemburuan yang berlebihan, Rasulullah juga melarang.  Seperti : ketika malam hari suami untuk masuk ke dalam rumah di tengah malam dan istrinya tidak tahu. 

📓Ali bin abi thalib: sampailah padaku dengar bahwa istri kalian berdesakan dengan orang kafir. Apakah Kalian tidak cemburu? Apakah kalian membiarkan istri kalian berdesakan dengan laki laki lain? 

👉orang-orang  mulia itu juga cemburu. 

📒Kisah cemburu Rasulullah 

📝Rasulullah memiliki budak wanita Maria Al Qibtiyah. Ada lelaki barengan dia di Mesir. Laki laki ini sering menyamperi maria. Dan Rasulullah cemburu padanya. 

📝Aisyah itu kadang kala berlebihan dalam cemburu seperti cemburu dengan Khadijah. 

Sampai keluar kata kata yang kurang baik :”mengapa engkau senantiasa menyebutkan wanita yang tua itu padahal engkau telah diberi ganti yang lebih baik” kemudian Rasulullah menegurnya :”

Tidak ada yang lebih baik dari dia, Dari dia aku dapat anak dia,  dia membelaku dengan Harta dan jiwanya ketika aku dalam keadaan susah”

📝Aisyah pernah memecahkan piring dari makanan yang diberikan istri Rasulullah lain. Dan Rasulullah hanya berkata :”Ibu kalian sedang cemburu”

⚠Ini bukan tercela tapi cinta 
📒Sebab sebab cemburu 

▪Sebab internal

>Wanita kurang percaya diri sehingga selalu cemburu dengan suaminya. Obatnya adalah tunjukkan percaya diri istri kita. 

>Adanya saingan 

Biasanya kalau sudah poligami

>Merasa ada yang mau mengganggu kekuasaan dia 

▪Sebab external 

>Melihat suami/istrinya jelalatan

>Datang terlambat 

>Lelaki sering menyebut wanita lain

⚠Cemburu yang ada dasarnya boleh. Tapi jika tidak ada alasan itu praduga 

📖HR  :Kecemburuan ada yang di benci dan cintai Allah. Yang Allah cintai adalah kecemburuan yang ada sebabnya dan yang dibenci Allah adalah kecemburuan yang tidak ada alasan untuk cemburu. 
📒Bagaimana mengobati cemburu 

▪Harus memahami bahwa cemburu adalah fitrah dan tanda cinta 

▪Memberikan kepercayaan kepada pasangan

▪Tidak tergesa gesa memvonis ketika ada berita 

▪Menghindari pemicu cemburu pasangan kita

▪Hendaklah suami membuat dan menumbuhkan istrinya percaya diri. Bahwa dia yang terbaik, jangan sebut orang lain dihadapan nya. 

📌Jika ingin memperbaiki istri jangan sebut orang lain 

▪Tidak boleh meledek kecemburuan suaminya, Dan tidak perlu membela diri ketika ditegur. 

▪Berusaha meredam cemburu (tahan) 

📓Seorang salaf berkata : hindari dirimu dari kecemburuan itu kunci perceraian 

📓Ali bin abi thalib : Engkau jangan memperbanyak cemburu pada istrimu hingga engkau menuduh istrimu macam macam karena engkau. 

⚠Jangan suudzon 

📓Abu aswad :hindari dirimu dari kecemburuan itu kunci perceraian. Kau sering sering memakai perhiasan untuk menghilangkan nya dan sebaik baik perhiasan adalah celak dan sebaik baik pewangi adalah wudhu.

@oelpha_hasana 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s