Resume Kajian

Sepak Terjang Yahudi di Zaman Rasulullah

📙Sepak Terjang Yahudi di Jaman Rasulullah
Ust Abu Jundi
Sabtu, 24 Rajab 1437H
Soepomo Office Park

📑Materi
✏Sebelum rasulullah hijrah ke madinah, pada abad ke-7 sebelum masehi. Banyak orang yahudi pindah dari palestina ke yatsrib ( nama lain sebelum madinah)
✏Mereka hijrah karena dijajah romawi diantaranya ketika romawi dipimpin sirus. Sehingga banyak orang yahudi banyak di yatsrib
✏Yahudi mengetahui bahwa akan ada nabi terakhir seperti mengetahui ciri anaknya sendiri yang ada di kitab mereka. Mereka berharap nabi terakhir itu di kalangan yahudi
✏Orang orang yahudi berasiliasi dengan orang arab. Diantaranya ada kabilah besar di yatsrib kabilah hajraj dan aush yang senantiasa berperang dan ini juga karena provokasi orang yahudi. Karena mereka takut kalau kabilah  itu  bersatu mereka terusir
✏ Kemudian  muncul kabar nabi terakhir telah lahir bukan di yatsrib tapi di mekkah yang sebagian besar disana adalah orang arab dari suku qurays.
✏Seperti kisah yang dijelaskan adanya tekanan yang hebat di mekkah . Rasulullah  di perintahkan Allah hijrah ke yatsrib. Yang sebelumnya orang2 yatsrib telah berbaiat pada beliau dan berjanji akan melindungi Nabi.
✏Kemudian Rasulullah  hijrah ke madinah bersama sama orang muhajirin dan mempersatukan muhajirin dan anshar di madinah
✏Pada awal beliau di Madinah, beliau mengikat perjanjian damai dengan  yahudi madinah diantara kabilah yahudi bani khoinuqo’, nadhir  dan bani quraidah. Yang nantinya suku2 yahudi  ini akan terusir dari  madinah. Bahkan benteng kokoh di luar madinah Khaibar juga akan ditaklukan.
📔Sifat sifat yahudi di yastrib :
▫Menyelisihi para Nabi
》Sifat ini terbawa sampai ke madinah
》Walaupun ada sebagian yang mereka pegang seperti bagaimana mereka mengenal ajaran Allah, mereka juga mengenal tauhid meskipun akhirnya menyimpang, ilmu2 para nabi mereka tahu tapi hanya sekedar ilmu tidak diamalkan.
👉Sehingga ciri ciri utama yang paling tampak :
▫Pendusta
✏Ketika mereka tahu bahwa Islam akan dianut selain bangsa arab. Terutama ketika orang mereka Abdullah bin salam masuk islam. Ketika mereka belum tahu dia masuk islam mereka memujinya, tapi ketika tahu mereka berdusta.
📖HR Bukhari 3329
Abdullah bin salam : “Aku ingin bertanya padamu tentang 3 hal yang hanya  diketahui Nabi yaitu awal tanda hari kiamat, Apakah makanan penduduk syurga pertama kali, Bagaimana seorang anak menyerupai bapaknya, dan bagaimana seorang anak menyerupai ibunya.
Rasulullah berkata : aku baru saja diberitahu jibril.
Abdullah bin salam : itu adalah yang dianggap musuh oleh yahudi ( maksudnya jibril)
Rasulullah  bersabda : Awal tanda kiamat adalah adanya api yang mengumpulkan manusia ke padang, makanan pertama penduduk  syurga limpah hati ikan paus, adapun seorang anak menyerupai bapaknya adalah apabila seorang laki-laki air maninya keluar lebih dahulu dari air mani wanita maka rupanya anaknya seperti bapaknya, dan jika air mani wanita keluar dahulu dari air mani bapaknya maka ia menyerupai ibunya.
Abdullah bin salam : “Aku bersaksi bahwa sesungguhnya engkau adalah Rasulullah,  Ya Rasulullah sesungguhnya bangsa yahudi itu suka berbohong. Jika mereka mengatahui keislamanku sebelumku maka mereka akan membunuhku. Kemudian sekumpulan orang orang yahudi mendatangi Rasulullah dan Abdullah bin salam bersembunyi .
Rasulullah : Apa pendapat kalian tentang abdullah bin salam?
Yahudi berkata : “Dia yg lebih mengetahui dan lebih berilmu dari pada kami ”
Kemudian Rasulullah berkata : “Bagaimana menurut kalian jika ibn salam itu  masuk islam?”
Yahudi itu berkata : “Semoga Allah melindunginya dari itu”
Abdullah bin salam keluar dan beekat : “Aku bersaksi bahwa tiada Rabb selain Allah dan Muhammad utusan Allah”
Mereka berkata : “dia orang yang paling jahat dari kami dan keturunannya yang jahat”
📝Yahudi dengki karena jibril menyampaikan wahyu bukan dari golongan yahudi dan dari bangsa arab yang mereka anggap sebagai bangsa yang terbelakang. Mereka beranggapan jibril salah alamat.
📝Dalam riwayat selain hati ikan paus yang dimakan pertama penduduk syurga itu juga lembu syurga
▶Intinya orang yahudi adalah orang yang benci kepada Islam
📖Al Imran 72
وَقَالَتْ طَائِفَةٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ آمِنُوا بِالَّذِي أُنْزِلَ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَجْهَ النَّهَارِ وَاكْفُرُوا آخِرَهُ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Segolongan (lain) dari Ahli Kitab berkata (kepada sesamanya): “Perlihatkanlah (seolah-olah) kamu beriman kepada apa yang diturunkan kepada orang-orang beriman (sahabat-sahabat Rasul) pada permulaan siang dan ingkarilah ia pada akhirnya, supaya mereka (orang-orang mukmin) kembali (kepada kekafiran).
📝Tafsir ibn katsir:
Ini merupakan tipudaya untuk menjadikan orang lemah bingung dengan agama mereka. Mereka akan terlihat beriman sholat subuh berjamaah, kemudian di siang hari mereka kembali ke agama mereka dengan memberitahukan bahwa agama islam  sempurna. Al Aufi dari ibn abbas  berkata : jika kalian bertemu dengan sahabat muhammad  maka kalian (Maksudnya orang orang yahudi)  janganlah kalian memperlihatkan apa yang ada di kalian kecuali yang seiman mereka. Dan jangan menunjukkan bahwa mereka tahu tentang muhammad sehingga  akan dijadikan hujjah kaum muslimin.
▶Semua ini karena mereka iri dengki kepada kaum muslimin.
▶Mereka tidak suka ucapan Aamiin
📖HR Silsilah hadits ash shahihah 691 :
Dari aisyah  : suatu hari ada seorang yahudi menemui rasulullah  : “Ya muhammad assamu’alaik ( semoga kau binasa/celaka ) “. Nabi menjawab : ” wa’alaika”. Aisyah berkata : “Sungguh aku ingin mengucapkan sesuatu kepada yahudi itu tapi aku tahu Nabi tidak menyukainya maka aku diam”
Kemudian datang yahudi ke dua berkata “assamu’alaik”
Rasulullah “Alaik”
Aisyah berkata : “Sungguh aku ingin mengucapkan sesuatu kepada yahudi itu tapi aku tahu Nabi tidak menyukainya maka aku diam”
Kemudian datang yahudi ke dua berkata “assamu’alaik”
Rasulullah “Alaik”
Aku tidak tahan dan mengucapkan : ”
Dan kebinasaan dan laknat Allah atasmu”
Rasulullah berkata: “Apakah  kalian mengucapkan salam selain yang diajarkan kepada kalian? Sesungguhnya Allah tidak menyukai perbuatan itu dan perkataan kotor” Sesungguhnya yahudi adalah kaum pendengki, tidaklah mereka iri kepada kita karena sesuatu selain ucapan salam dan ucapan Aamiin.
✏Karena Salam itu artinya adalah doa
✏Karena Aamiin itu adalah doa yang isinya doa yang menegaskan bahwa yahudi itu bangsa yang dilaknat/dimurkai karena Aamiin itu disebut setelah kita mengucapkan akhir ayar surah Al fatiha

▫#3 Suka bersumpah palsu
📖Al Imran 77
إِنَّ الَّذِينَ يَشْتَرُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَأَيْمَانِهِمْ ثَمَنًا قَلِيلًا أُولَٰئِكَ لَا خَلَاقَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ وَلَا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih.
📖HR ahmad : barangsiapa yang bersumpah palsu untuk merebut harta seorang muslim maka dia akan bertemu dengan Allah dengan wajah Allah murka.
📝Al ashash pernah bersengketa dengan yahudi. Dan yahudi mengingkarinya dengan  sumpah palsu. Ketika diadukan ke Rasulullah. Rasulullah berkata : “apakah kau ada bukti”. Yahudi berkata : “aku berani bersumpah”. Kemudian al ashash berkata : “ya Rasulullah jika ia bersumpah  maka hilanglah hartaku”. Kemudian Allah menurunkan ayat Al imran 77 ini.
📖HR :Sesungguhnya Allah memiliki beberapa hamba yang Allah tidak mau bicara, tidak mau mensucikan mereka dan tidak mau melihat mereka. Yaitu orang yang melepaskan diri dari kedua orang tuanya dan membenci nya. Orang tua yang membiarkan anaknya . Orang yang diberi kenikmatan oleh suatu kaum lalu mereka mengingkarinya.
📖HR dalam riwayat lain : :Sesungguhnya Allah memiliki beberapa hamba yang Allah tidak mau bicara, tidak mau mensucikan mereka dan tidak mau melihat mereka, dan mengadzab mereka. Yaitu  orang yang melarang ibn sabil / musafir memperoleh kelebihan air, orang sumpah palsu, orang yang membaiat imam jika ia memberi suatu padanya maka ia mendukungnya tapi jika tidak diberi sesuatu dia tidak mendukungnya

▫#4 Suka merubah hukum taurat
✏Diantaranya  adalah hukuman pelaku zina.Yang tadinya di rajam tapi hanya di cat dengan arang dan di arak keliling kampung sambil dipukul.
✏Cthnya : mereka mengubah hukuman 
📖HR Muslim 1680 : Seorang  laki laki dan perempuan yahudi dihadapkan kepada Rasulullah karena dituduh berzina. Rasulullah melakukan pemeriksaan kepada mereka dan berkata : “apa yang kalian ketahui di taurat tentang hukuman kalian?”. Mereka berkata : ” kami lumari mereka  dengan arang kemudian kami naikkan kendaraan dengan posisi belakang2 kemudian  di arak keliling kota”. Kemudian Rasulullah berkata : “Jika kalian benar maka coba bawa dan baca taurat  itu”. Kemudian mereka membawanya dan membacanya di hadapan Rasulullah,  Ketika bacaannya sampai pada ayat rajam, pemuda itu menutup ayat rajam dengan tangannya dan dilewati. Abdullah bin salam yang merupakan dulunya yahudi, yang ketika itu  sedang berada disana berkata : ” ya Rasukullah suruhlah dia mengangkat tangannya”. Sesungguhnya  ketika diangkat tangannya ada teks tentang  ayat rajam. Kemudian Rasulullah menyuruh mereka  untuk merajam. Dan mereka merajamnya. Abdullah  bin umar berkata ” aku ikut merajam dan aku melihat yang laki2 bersikap melindungi yang perempuan dari lemparan lemparan batu”
Kemudian Allah menurunkan ayat :
📖 Al Maidah 41
يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ لَا يَحْزُنْكَ الَّذِينَ يُسَارِعُونَ فِي الْكُفْرِ مِنَ الَّذِينَ قَالُوا آمَنَّا بِأَفْوَاهِهِمْ وَلَمْ تُؤْمِنْ قُلُوبُهُمْ ۛ وَمِنَ الَّذِينَ هَادُوا ۛ سَمَّاعُونَ لِلْكَذِبِ سَمَّاعُونَ لِقَوْمٍ آخَرِينَ لَمْ يَأْتُوكَ ۖ يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ مِنْ بَعْدِ مَوَاضِعِهِ ۖ يَقُولُونَ إِنْ أُوتِيتُمْ هَٰذَا فَخُذُوهُ وَإِنْ لَمْ تُؤْتَوْهُ فَاحْذَرُوا ۚ وَمَنْ يُرِدِ اللَّهُ فِتْنَتَهُ فَلَنْ تَمْلِكَ لَهُ مِنَ اللَّهِ شَيْئًا ۚ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَمْ يُرِدِ اللَّهُ أَنْ يُطَهِّرَ قُلُوبَهُمْ ۚ لَهُمْ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ ۖ وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Hari Rasul, janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yang bersegera (memperlihatkan) kekafirannya, yaitu diantara orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka: “Kami telah beriman”, padahal hati mereka belum beriman; dan (juga) di antara orang-orang Yahudi. (Orang-orang Yahudi itu) amat suka mendengar (berita-berita) bohong dan amat suka mendengar perkataan-perkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu; mereka merubah perkataan-perkataan (Taurat) dari tempat-tempatnya. Mereka mengatakan: “Jika diberikan ini (yang sudah di rubah-rubah oleh mereka) kepada kamu, maka terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini maka hati-hatilah”. Barangsiapa yang Allah menghendaki kesesatannya, maka sekali-kali kamu tidak akan mampu menolak sesuatupun (yang datang) daripada Allah. Mereka itu adalah orang-orang yang Allah tidak hendak mensucikan hati mereka. Mereka beroleh kehinaan di dunia dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar.

▫#5  Kaum yahudi itu tahu kalau mereka di laknat

▫#6 Kaum yahudi itu menghinakan wanita
✏Wanita wanita yang haidh diisolir oleh kaum laki laki yahudi.
✏Kemudian ada orang yang datang bertanya ttg haidh kepada Rasulullah 
📖 Al Baqarah 222
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.
📝Tafsir.
📖HR Rasulullah bersabda : lakukan apapun pada mereka kecuali berhubungan badan. Yahudi berkata : “Orang  ini (  tidak meninggalkan satupun dari perkara kita  kecuali menyelisihinya)”.
📖HR Muslim 302 : Sesungguhnya orang yahudi kalau istrinya haidh maka tidak mau makan dengannya dan tidak pula mau tinggal serumah dengannya . Kemudian para sahabat bertanya dan Allah menurunkan firmanNya Al Baqarah 222. Dan Rasulullah  bersabda : “lakukan sesuatu kecuali berjima'”
✏Pernah Rasulullah  merasa bau dan berdiri atas mayat orang yahudi
📖HR Bukhari 3349 : dari ibn abbas : Bahwa jenazah yang menyebabkan Rasulullah berdiri adalah jenazah orang yahudi. Rasulullah  berkata “Bau jenazah itu mengangguku sehingga aku berdiri”

▫#7 Tidak pernah membersihkan halaman rumahnya.
📖HR : …Yahudi tidak pernah membersihkan halaman rumahnya…

📔Pengkhianatan kaum yahudi
✏Kabilah kabilah yahudi itu pada awalnya suka mengkompori kaum madinah, aush dan khajrat agar berperang. Ketika Rasulullah datang Rasulullah menyatukannya.
👉Makar makar kaum yahudi
▫ Merampas perhiasan wanita muslimah sampai meningal
📖 HR 5295 : ada yahudi yang menganiaya gadis dan merampas emas serta memecahkan kepalanya. Kemudian dibawa ke Rasulullah dalam keadaan kritis dan tidak bisa bicara . Rasulullah bertanya ” Siapa yang menganiaya kamu, si fulan kah?”.  Yang beliau maksud bukan pelakunya dgn isyarat kepalanya bukan . Kemudian Rasulullah menyebut nama lain . Wanita itu menggeleng. Rasulullah : ” kalau begitu si fulan”. Dan wanita itu memberikan isyarat  membenarkan.Kemudian Rasulullah  memerintahkan para sahabat untuk memecahkan kepala pelaku itu untuk dipecahkan kepalanya dengan dihimpit dua buah batu.
✏Pada tahun ke 2H Rasulullah memenangkan perang Badr,  pada tahun itu kaum yahudi bani khoinuqo’ diusir dari Madinah karena melanggar perjanjian 
📖Q.S Al Anfal 56 – 71
56 : لَّذِينَ عَاهَدْتَ مِنْهُمْ ثُمَّ يَنْقُضُونَ عَهْدَهُمْ فِي كُلِّ مَرَّةٍ وَهُمْ لَا يَتَّقُونَ
(Yaitu) orang-orang yang kamu telah mengambil perjanjian dari mereka, sesudah itu mereka mengkhianati janjinya pada setiap kalinya, dan mereka tidak takut (akibat-akibatnya).
57 : فَإِمَّا تَثْقَفَنَّهُمْ فِي الْحَرْبِ فَشَرِّدْ بِهِمْ مَنْ خَلْفَهُمْ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Jika kamu menemui mereka dalam peperangan, maka cerai beraikanlah orang-orang yang di belakang mereka dengan (menumpas) mereka, supaya mereka mengambil pelajaran.
📝Ibn ishaq menyebutkan bahwa suatu hari ada seorang wanita membawa perhiasan dari bangsa arab untuk dibawa ke tukang sepuh yahudi. Kemudian wanita itu duduk. Kemudian datang 2 orang  yahudi menganggu wanita  itu dan meminta wanita itu membuka cadarnya. Kemudian  tukang  sepuh emas itu mengikat  ujung kain jilbabnya di punggung belakangnya. Ketika wanita ini berdiri maka jilbabnya lepas. Wanita itu menjerit. Datanglah seorang muslim. Kemudian muslim itu membunuh tukang  sepuh itu dan muslim itu pun meninggal, yahudi mengeroyoknya. Setelah kejadian tersebut yahudi pun tidak minta maaf dan tidak menghilangkan kondisi tegang diantara mereka dan secara sepihak membatalkan perjanjian. Kemudian bani khoinuqo’ diusir dan mereka pergi ke adriyat ( wilayah syams) dan juga pergi k khaibar ( yahudi di luar madinah). [ Shiroh ibn Hisyam].
▶Ini awal dari kaum yahudi memerangi kaum muslim
▶Bani Nadhir berkhianat juga dan kemudian terusir juga
📖Al hasyr 2 dan 3
2: هُوَ الَّذِي أَخْرَجَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ مِنْ دِيَارِهِمْ لِأَوَّلِ الْحَشْرِ ۚ مَا ظَنَنْتُمْ أَنْ يَخْرُجُوا ۖ وَظَنُّوا أَنَّهُمْ مَانِعَتُهُمْ حُصُونُهُمْ مِنَ اللَّهِ فَأَتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوا ۖ وَقَذَفَ فِي قُلُوبِهِمُ الرُّعْبَ ۚ يُخْرِبُونَ بُيُوتَهُمْ بِأَيْدِيهِمْ وَأَيْدِي الْمُؤْمِنِينَ فَاعْتَبِرُوا يَا أُولِي الْأَبْصَارِ
Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; maka Allah mendatangkan kepada mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai wawasan.
3 : وَلَوْلَا أَنْ كَتَبَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَلَاءَ لَعَذَّبَهُمْ فِي الدُّنْيَا ۖ وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابُ النَّارِ

Dan jika tidaklah karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia. Dan bagi mereka di akhirat azab neraka.
📝kitab al maghazi : Pengusiran ini karena mereka mencoba membunuh Rasulullah.  Seorang  penduduk bani amir dan bani salim mendatangi Nabi untuk mengirimkan sahabatnya untuk mendakwahkan di najed. Terbentuklah juru dakwah dipimpin mundzir bin umar al anshari . Rasulullah mengirim surat ke pemimpinnya, melalui utusannya Amir bin thufail di sumur ma’unah , belum juga surat dibaca, dia dibunuh dan 70 orang lainnya. Kecuali ka’ab bin zaid dalam kondisi terluka. Kemudian 2 orang bani khilab dibunuh  oleh yahudi.Kemudian  Rasulullah dan para sahabat mendatangi  bani nadhir untuk meminta tolong ttg pembayaran dhiyat dari pembunuhan itu, awalnya rasulullah dijamu dengan baik, kemudian terbesit di pikiran yahudi *khayi bin akhto dan menyampaikan k yahudi lain untuk  membunuh Nabi, seorang yahudi *salam bin mus’am melarang  mereka. Tapi mereka yang lain tidak menghiraukannya. Mereka menetapkan untuk membunuh Rasulullah untuk melempar batu gilingan dari atap atap rumah mereka dan jibril memberitahu Rasulullah dan Rasulullah pergi meninggalkan mereka. Karena hal ini maka bani nadhir di usir dari madinah. Mereka di ultimatum  jika tidak pergi maka mereka akan dipenggal. Awalnya diusir secara damai, bahkan lahan mereka hasilnya akan dibagi rata nantinya ketika diolah kaum muslimin. Tapi mereka tidak menggubris sehingga diusir tanpa syarat apapun. Dan mereka lari sebagian k bani khuroidoh, khaibar dan syam.
📝Pengusiran bani khuroidoh, dikarenakan konvrontasi dari gembong munafiq abdullah bin ubay bin salul dari bani
Hajraj. Dzulqoidah tahun 5H, setelah Rasulullah pulang dr perang ahzab.
📖Al Ahzab 26 27
26 : وَأَنْزَلَ الَّذِينَ ظَاهَرُوهُمْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ مِنْ صَيَاصِيهِمْ وَقَذَفَ فِي قُلُوبِهِمُ الرُّعْبَ فَرِيقًا تَقْتُلُونَ وَتَأْسِرُونَ فَرِيقًا

Dan Dia menurunkan orang-orang Ahli Kitab (Bani Quraizhah) yang membantu golongan-golongan yang bersekutu dari benteng-benteng mereka, dan Dia memesukkan rasa takut ke dalam hati mereka. Sebahagian mereka kamu bunuh dan sebahagian yang lain kamu tawan.
27 : وَأَوْرَثَكُمْ أَرْضَهُمْ وَدِيَارَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ وَأَرْضًا لَمْ تَطَئُوهَا ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرًا
Dan Dia mewariskan kepada kamu tanah-tanah, rumah-rumah dan harta benda mereka, dan (begitu pula) tanah yang belum kamu injak. Dan adalah Allah Maha Kuasa terhadap segala sesuatu.
📖Bukhari 4119 : Pada hari perang ahzab rasulullah bersabda : “jangan kalian melaksankan ashar sebelum  sampai di bani khuroidoh”
📖Bukhari 4122 : jibril meminta rasululullah ke bani khuroudzoh setelah perang ahzab. Yahudi meminta sa’ad bin muadz yang memutuskan perkara mereka . Kemudian muadz memutuakan semua pasukan perang yang memerangi kaum muslimin  di bunuh. Wanita dan anak anak ditawan. Harta benda mereka dibagi bagikan.

⚠Sehingga, 3 bani yahudi terusir. Tersisa benteng terbesar yahudi di luar madinah yaitu Khaibar.

📝Perang khaibar yang disampaikan pergerakan pasukan di mulai muharram, bertempur di bulan safar dan berakhir di rabiul awal. Mereka berangkat di malam hari.
📖 HR Bukhari 4196 : kami keluar bersama nabi k khaibar. Kami berjalan malam hari. Seorang laki2 berkata pada amir : “wahai amir tidakkah engkau mendendangkan syairmu ( syair semangat perang )”. Kemudian ia mendendangkan syairnya. Dan kalimat ini terdengar oleh Rasulullah. “Siapakah dia?”. “Amir bin aqwa”. Rasulullah  berkata “semoga Allah merahmatinya”.
✏Beliau menyerang di pagi hari dipimpin Ali bin abi thalib
📖HR Bukhari 4210 : sungguh besok aku ( Rasulullah ) akan memberikan bendera ini kepada seorang yang ia mencitai Allah dan rasulNya . Dan Allah dan rasulNya mencintainya . Orang orang ribut dan berharap di beri panji bendera itu. Kemudian Rasulullah berkata : dimana Ali?
Sahabat berkata : “Ia sedang sakit mata”. Kemudian Ali dipanggil untuk  datang,
Kemudian Rasulullah meludahinya dan didoakan sehingga matanya sembuh seperti sedia kala. Kemudian diberikan bendera itu kepada Ali bin abi thalib.
Rasulullah bersabda : “Perangilah pelan pelan ajaklah mereka kedalam islam”.
✏Pada akhirnya  kaum mukminin perang dan istri pemimpin yahudi Shofiyah binti huyay bin akhtob ditawan dan pada akhirnya  dinikahi Rasulullah dengan mahar kebebasannya.
[ Disebutkan dalam HR Bukhari 4200, 4211]
✏Kaum muslimin setelah menaklukkan khaibar perekonomian bagus karena disana pusat kurma yang bagus.
📖HR dari Aisyah dan ibn  Umar : Kami tidak pernah merasakan kenyang melainkan setelah penaklukan khaibar
▶Setelah khaibar ditaklukan mereka masih melakukan percobaan pembunuhan kepada Rasulullah melalui wanita yang memberikan daging kambing yang beracun.
📖 HR Bukhari 3169 : orang orang yahudi menghadiahkan seekor daging kambing panggang kepada Rasulullah.
Rasulullah bertanya : aku akan mengajukan pertanyaan pada kalian apakah kalian akan menjawab dengan benar?
Yahudi : iya
Rasulullah : Siapa bapakmu
Yahudi : Si fulan .
Rasulullullah : Kamu berdusta, Bapakmu  si fulan
Yahudi :Engkau benar
Rasulullah : Apa kamu akan berkata benar padaku jika aku bertanya pada kalian?
Yahudi : Iya abu qasim. Karena sekalipuj kami berdusta engkau akan mengetahui
Rasulullah :Siapakah penduduk neraka
Yahudi : Kami hanya sebentar di neraka ( 40 hari) kemudian kamu semua akan menggantikannya .
Rasulullah : Kamu semua akan di neraka selamanya dengan hina dan kami tidak akan menggantikan kalian selamanya 
Apa kamu semua meracuni daging panggang itu?
Yahudi : Benar.
Rasulullah : Mengapa melakukannya?
Yahudi : Kami ingin tahu kalau kau pendusta kami bisa membunuhmu, kalau kau Nabi maka kami tidak akan bisa membunuhmu
📖Al baqarah 80
وَقَالُوا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ إِلَّا أَيَّامًا مَعْدُودَةً ۚ قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدًا فَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ عَهْدَهُ ۖ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Dan mereka berkata: “Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja”. Katakanlah: “Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?”

📖HR Abu dawud 412 : Rasulullah hanya menerima hadiah dan tidak menerima sedekah. Seorang  yahudi menghadiahkan kambing guling yang sudah di beri racun , Rasulullah dan sahabat memakan dan sahabat ada yang sudah meninggal.
Kemudian  Rasulullah berkata : “Angkatlah tangan kalian. Sesungguhnya  kambing ini memberitahuku bahwa ia telah di racun”
Kemudian hijr bin bara’ al anshori pun meninggal dunia. Lalu diutus kepada wanita yahudi itu . Wanita yahudi itu berkata : “Jika engkau seorang nabi engkau akan mengetahuinya”
📖HR : Dan ketika Rasulullah akan wafat beliau berkata : Sungguh aku masih merasakan makanan yang aku makan di khaibar dan ini adalah saat kematian punggungku”
▶Para yahudi ini lari ke negeri syam Yahudi di negeri syam nanti akan takluk di bawah sahabat Umar ibn khattab.

@oelpha_hasana 

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s