Resume Kajian

Rahasia Di Balik Doa

💼 Rahasia besar di balik Doa
Ust Ahmad Zainuddin, Lc
Masjid Nurul Ajam Manggala Wanabakti
Ahad, 3 Rajab 1437H

📑Materi
📔Mukaddimah
🔸Kita diwajibkan oleh Allah untuk beribadah dan inti dari ibadah adalah berdoa kepada Allah
✏Sholat  secara bahasa adalah doa
📖HR : Jika salah seorang diantara kalian diundang untuk menghadiri walimah maka hendaknya dia wajib menghadirinya. Jika dia berpuasa maka hendaklah dia sholat , jika dia berbuka maka hendaklah dia memakan makanan yang di sediakan di walimah tersebut.
✏Maksud sholat disini adalah DOA
✏Puasa pun isinya juga doa
✏Haji juga isinya doa
📖HR : Sesungguhnya dijadikan tawaf mengelilingi baitullah kemudian melontar jumroh antara sofwah dan marwah untuk berdzikir kepada Allah ( maksud disini adalah doa)
🔸Sebagian orang yang  malas berdoa tidak tahu bahwa di dalam doa ada rahasia besar.
🔸Di dalam doa terdapat memperlihatkan penghambaan diri sebenar benar penghambaan diri kepada Allah dan ini yang sangat dicintai Allah dari manusia.
✏Ketika seorang berdoa kepada Allah dia sedang menjadikan Allah satu satunya yang mencipta mengatur berkuasa, dan satu satunya yang patut di ibadahi
✏Ketika seorang berdoa kepada Allah dia mengimplementasikan tauhid rububiyah  dan penghambaan diri hanya kepada Allah ( uluhiyah)
📖Q.S Fathir 13: Sembahan-sembahan yang kalian sembah selain Allah maka mereka tidak memiliki walau setipis kulit ari

📔Rahasia besar di balik DOA
🍓#1 Orang yang berdoa sebenarnya sedang melakukan ketaatan kepada Allah
[Doa adalah sebuah ketaatan kepada Allah yang hukumnya WAJIB]
📖 Ghafir 60 :
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.
✏Sehingga orang yang berdoa sedang menaati Allah yang perintahnya wajib
✏Astajibuu disini fi’il amr ( perintah) sehingga wajib
✏Sesuatu yang wajib adalah sesuatu yang meninggalkannya secara sengaja itu di cela syariat bahkan berdosa dan diancam siksa
📖Al A’raf 29.
قُلْ أَمَرَ رَبِّي بِالْقِسْطِ ۖ وَأَقِيمُوا وُجُوهَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ ۚ كَمَا بَدَأَكُمْ تَعُودُونَ

Katakanlah: “Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan”. Dan (katakanlah): “Luruskanlah muka (diri)mu di setiap sembahyang dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya. Sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah kamu akan kembali kepada-Nya)”.
⚠Yang tidak berdoa diancam siksa

🍓#2 Seorang yang berdoa terlepas dari sifat kesombongan yg merupakan dosa besar dan diancam dimasukkan ke neraka
📖HR Bukhari : tidak akan masuk syurga orang yang di dalam hatinya ada secuil biji dzarrah kesombongan
✏Dzarrah itu seperti semut kecil lebih kecil darinya atau debu berterbangan
👉Lanjutan Ghafir 60
📖Q.S Ghafir 60
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.
✏Siksa orang yang sombong tidak mau berdoa maka akan di masukkan Jahannam.
📩Imam asy syaukani dalam kitabnya : ayat yg mulia bahwasanya doa adalah ibadah, dalil bahwa doa adalah ibadah Allah memerintahkan hambanya untuk berdoa padaNya. Dan meninggalkan berdoa kepada Allah ini adalah kesombongan dan tidak ada kesombongan yang PALING BURUK dibandingkan kesombongan seperti ini. Karena ia tidak mau berdoa kepada Allah yang menciptakannya. Karena dia telah menyombongkan diri kepada Allah yang telah memberinya rezeki dan meng ada kannya dari tidak adanya, Yang menciptakan alam semesta, Yang memberikan kehidupan padanya, Yang mematikannya, Yang memberikan ganjaran pahala dan siksa padanya. Tidak diragukan lagi kesombongan seperti ini termasuk dari kegilaan dan termasuk sifat dari KUFUR nikmat.

🍓#3 Doa adalah ibadah yang  paling mulia di sisi Allah
📖 HR : Imam ahmad dan bukhari dalam adabul mufrad : tidak ada sesuatu apapun [ syaiun adalah naqiroh yang menunjukkan keumuman ] yang lebih mulia disisi Allah dibandingkan doa
👉Kenapa?
📩Imam asy syaukani dalam kitabnya :
▫#1 ada yang berpendapat di dalam doa nampak kekuasaan Allah dan lemahnya( hinanya, rendahnya, patuhnya) orang yang berdoa dan itu yang paling disukai oleh Allah makanya itu paling mulia di sisi Allah
✏Lihat saja ketika kita sujud :
📖HR : Keadaan hamba yang terdekat antara dia dan Allah adalah ketika sujud
👉Kenapa?
Kepala kita diletakkan di bawah lebih rendah dari pantat kita untuk Allah, untuk merendahkan diri kita dan meninggikan Allah.
✏Dalam doa kita akan memperlihatkan kita menghamba dan menunjukkan diri kita yang hina dina
▫#2 Doa adalah inti ibadah sedangkan ibadah adalah tujuan hidup manusia

🍓#4 Doa sangat dicintai oleh Allah
📖HR Tirmidzi, dari abdullah bin mas’ud [nb :  dilemahkan oleh syaikh Al Albani ] mintalah dari Allah karuniaNya sesungguhnya Allah menyukai orang yang meminta
📖HR : Siapa yang tidak berdoa kepada Allah maka Allah murka padanya.

🍓#5 Orang  yang berdoa berarti dia telah terlepas dari sifat kelemahan, kepayahan, tidak berdaya.
📖HR Ibn Hibban : dari Abu hurairah “Orang  yang paling lemah adalah orang yang  paling lemah dalam berdoa”
👉Kenapa?
1. Orang tatkala tidak mau berdoa karena dia tinggal minta, tidak perlu usaha tapi berdoa saja tidak mampu. Karena hanya sebenarnya hanya menengadah tangan kok tidak mau dan tidak mampu.
✏Maksudnya disini bukan tidak perlu usaha hanya berdoa maksudnya “doa saja kok ga mampu”
2. Dia berhadapan dengan Allah yang Maha mengabulkan doa tapi tidak mau berdoa.

🍓#6 Semua orang yang berdoa tidak akan pernah rugi
✏Baik dikabulkan atau tidak dia tidak akan rugi, karena dalam doa akan ada kebaikannya. Doa itu tidak ada pensiun.
👉Kenapa
Karena berdoa itu ibadah wajib
📖HR Ahmad, Tirmidzi : Tidaklah seorang berdoa dgn sebuah doa melainkan Allah akan mendatangkan apa yang dia
minta atau Allah akan menahan darinya keburukan yang semisal denganya, selama dia berdoa dengan tidak ada dosa di dalamnya dan tidak ada pemutusan kekerabatan.
✏Sehingga  jawaban doa itu 2 :
▫#1 Allah kabulkan doanya
▫#2 Allah menghilangkan keburukan yang  semisal dengan apa yang kita minta.
📖 HR Bukhari dalam adabul mufrad : dari abu said al khudri : “tidaklah seorang muslim berdoa di dalam doanya tidak ada dosa dan tidak memutuskan kekerabatan melainkan Allh akan memberikan padanya salah satu dari 3 pilihan :
Allah akan kabulkan doanya atau Allah akan menyimpannya di akhirat atau Allah akan hilangkan darinya keburukan yang semisal dengannya  ”
👉Sehingga dari hadits ini ada 3 jawaban doa :
▫#1 Allah akan kabulkan doanya
▫#2 Allah akan menyimpannya di akhirat
✏bisa jadi diberi kemiskinan karena jika kaya akan mendustakan Allah
✏bisa jadi tidak diberi kesehatan karena jika sehat maka dia maksiat.

📖Q.S Al Ahqaf 20 :
وَيَوْمَ يُعْرَضُ الَّذِينَ كَفَرُوا عَلَى النَّارِ أَذْهَبْتُمْ طَيِّبَاتِكُمْ فِي حَيَاتِكُمُ الدُّنْيَا وَاسْتَمْتَعْتُمْ بِهَا فَالْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنْتُمْ تَسْتَكْبِرُونَ فِي الْأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَبِمَا كُنْتُمْ تَفْسُقُونَ
Dan (ingatlah) hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan ke neraka (kepada mereka dikatakan): “Kamu telah menghabiskan rezekimu yang baik dalam kehidupan duniawimu (saja) dan kamu telah bersenang-senang dengannya; maka pada hari ini kamu dibalasi dengan azab yang menghinakan karena kamu telah menyombongkan diri di muka bumi tanpa kebenaran dan karena kamu telah fasik”.
📩Ulama mengatakan : ini mengajarkan kita untuk tidak berfoya foya dengan dunia karena orang yang terkikis nikmatnya di akhirat karena telah berfoya foya di dunia.
▫#3 Allah akan hilangkan darinya keburukan yang semisal dengannya
📝Ucapan Salaf tentang Doa
📩Umar bin khattab : Aku tidak meresahkan bagiku doaku dikabulkan atau tidak dikabulkan tapi yang  meresahkan ku adalah aku bisa berdoa atau tidak, karena kalau aku diberi petunjuk untuk berdoa maka berarti pengabulannya pasti bersamanya.
📩Ibn hajar : setiap orang yang berdoa dikabulkan oleh Allah tapi pengabulannya itu berbeda beda
⚠Allah itu Maha mengetahui yang telah lalu yang sedang terjadi dan yang akan terjadi.
📖Q.S : Mungkin kalian membenci sesuatu padahal itu lebih baik dari kalian, mungkin kalian mencintai sesuatu tapi itu buruk bagi kalian, Allah yang lebih mengetahui kalian tidak mengetahui

🍓#7 Doa adalah sebab menahan bala sebelum turunnya dan mengangkat bala jika telah turun
📖HR Ahmad Tirmidzi : Tidak ada yang menolak takdir kecuali doa
📖 HR : Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya mala hendaknya ia menyambung hubungan kekerabatan
👉Maksud merubah takdir :
▫#1
📩Imam Asy Syaukani : Di dalam hadits ini dijelaskan bahwa dengan doa Allah menahan apa sudah Allah takdirkan seakan akan orang yang berdoa merubah takdirnya.
⚠Maksud ini takdir yang hakiki yang ada di Malaikat, bukan yang di lauful Mahfudz, karena malaikat hanya  diberi takdir yang hakiki, tapi akhir dari takdir malaikat tidak tahu, hanya Allah yang tahu .
▫#2
✏Ada juga yang berpendapat bahwa merubah takdir disini berubah dari sisi keberkahannya.
📝Ketika orang memiliki gaji 1jt dia senantiasa kurang ketika sebelum berdoa,
Tapi setelah berdoa berkahny nambah sehingga cukup.
📖HR Tirmidzi : barangsiapa yang dibukakan untuknya pintu berdoa maka dibukakan untuknya pintu pintu rahmat.
Tidaklah Allah dimintai sesuatu yang paling Allah sukai melainkan doa meminta keselamatan. Sesungguhnya doa bermanfaat bagi bala yang belum dan sudah turun, maka wahai kalian hamba hamba Allah berdoalah.
📖HR lemah tapi maknanya benar : Sikap hati hati tidak bisa menahan takdir. Doa bermanfaat  untuk bala yang belum datang dan sudah datang. Doa menghadang bala dan masih saja mereka dorong dorongan sampai hari kiamat.
👉Kenapa jika orang berdoa tapi bala tetap datang ?? Termasuk sebabnya adalah :
📩Imam ibn qayyim : Doa itu seperti pedang.
✏Pedang setajam apapun jika yang memegangnya lemah tidak bermanfaat
📖HR : berdoalah kalian kepada Allah dalam keadaan yakin dikabulkan. Sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari orang yang hatinya lalai.
✏Ketika berdoa harus yakin, dan hadir hatinya ketika berdoa
✏Termasuk lalai juga ketika sudah berdoa tapi setelah berdoa dia melakukan hal hal yang membuat doanya tidak dikabulkan

🍓#8 Doa adalah hal yang sangat memudahkan ibadah
✏Doa adalah yang  membuat lancar ibadah, doa adalah pemudah ibadah
📖Q.S : إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
📖HR nasehat Rasulullah kepada Muadz : Ya Muadz, demi Allah aku sangat mencintaimu, maka jangan sampai tinggalkan disetiap akhir sholat untuk berdoa : “Allahuma dzikrika wa syukrika wa ‘ala ibadatik”
⚠Kita tidak akan bisa beribadah kepada Allah tanpa pertolongan dari Allah

📔Beberapa hal penting dari doa ( adab adab berdoa )
🍓#1 Doa tidak diperkenankan kepada selain Allah karena doa adalah ibadah dan karena hanya Allah yang mampu mengabulkan doa sedangkan selain Allah tidak mampu mengabulkan doa.
📖Al ahqaf 5 6
📖Fathir 13 14
📖Saba 22
📖Al isra 56
⚠Bahkan doa tidak  boleh kepada malaikat ataupun manusia termulia Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wassalam
👉Kenapa hanya kepada Allah. Karena selain Allah :
▫Tidak bisa mengabulkan
▫Tidak memiliki apa apa
▫Tidak mendengar doa
▫Makhluk yang diciptakan
▫Akan mengingkari orang yang berdoa kepadanya di hari kiamat
📖Al Ahqaf 5 6
وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنْ يَدْعُو مِنْ دُونِ اللَّهِ مَنْ لَا يَسْتَجِيبُ لَهُ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَهُمْ عَنْ دُعَائِهِمْ غَافِلُونَ
Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa)nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?
وَإِذَا حُشِرَ النَّاسُ كَانُوا لَهُمْ أَعْدَاءً وَكَانُوا بِعِبَادَتِهِمْ كَافِرِينَ
Dan apabila manusia dikumpulkan (pada hari kiamat) niscaya sembahan-sembahan itu menjadi musuh mereka dan mengingkari pemujaan-pemujaan mereka.
📖 Fathir 13 14
يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ ۚ وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِنْ قِطْمِيرٍ
Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nya-lah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu berdoa (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari ( khutmirnya kurma yang sangat tipis)
إِنْ تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ ۚ وَلَا يُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ
Jika kamu berdoa mereka, mereka tiada mendengar seruanmu; dan kalau mereka mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan dihari kiamat mereka akan mengingkari kemusyirikanmu dan tidak ada yang dapat memberi keterangan kepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui.
👉Kenapa yang disembah selain Allah nanti di hari kiamat mengingkari :
Karena ia takut kepada Allah karena ia tahu bahwa ibadah hanya  kepada Allah
👉Seperti Syaithon :
📖Al Hasyr 16
كَمَثَلِ الشَّيْطَانِ إِذْ قَالَ لِلْإِنْسَانِ اكْفُرْ فَلَمَّا كَفَرَ قَالَ إِنِّي بَرِيءٌ مِنْكَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ

(Bujukan orang-orang munafik itu adalah) seperti (bujukan) shaitan ketika dia berkata kepada manusia: “Kafirlah kamu”, maka tatkala manusia itu telah kafir, maka ia berkata: “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta Alam”
👉Seperti pula Nabi Isa mengingkari
📖Al Maidah 116
وَإِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ أَأَنْتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُونِي وَأُمِّيَ إِلَٰهَيْنِ مِنْ دُونِ اللَّهِ ۖ قَالَ سُبْحَانَكَ مَا يَكُونُ لِي أَنْ أَقُولَ مَا لَيْسَ لِي بِحَقٍّ ۚ إِنْ كُنْتُ قُلْتُهُ فَقَدْ عَلِمْتَهُ ۚ تَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي وَلَا أَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِكَ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”.

🍓#2 Hendaknya seorang muslim berdoa sesuai dengan petunjuk Rasulullah
✏Karena doa adalah ibadah dan ibadah tidak akan  diterima jika tidak sesuai  petunjuk  Rasulullah
✏Karena doa adalah amalan dan amalan tidak akan diterima jika tidak sholeh dan amalan sholeh hanya bisa dilakukan dengan petunjuk  Rasulullah
📖Al A’araf 55
ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
👉Termasuk melampaui batas dalam berdoa
1. Berdoa dengan merinci
2. Berdoa dengan teriak teriak

🍓#3 Orang yang berdoa, dia harus merasa dirinya orang yang sangat membutuhkan Allah
📖An Naml 62
📖Fathir 15

🍓#4 Menjauhi sifat sifat tergesa dalam berdoa
✏Cth perkataan : sudah lama berdoa tapi tidak dikabulkan
📖HR : Doa seseorang akan dikabulkan oleh Allah selama dia tidak tergesa gesa dengan mengucapkan ” aku telah berdoa aku telah berdoa tapi Allah tidak mengabulkan”
📖Q.S : janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah adalah orang  yang kafir
📖Az zumar 53
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
🍓#4 Khusnudzon kepada Allah
📖HR Qudsi : Aku sesuai dengan persangkaan hambaKu kepadaku..
🍓#5 Memakan makanan dan minuman yang halal dan harta yang halal 
📖HR Tirmidzi  :…. aku diceritakan seorang musafir yang lusuh bajunya dan menengadahkan tangan ke langit dan berdoa  : “Ya Rabb Ya Rabb…” padahal makannannya dari yang haram , minumannya dari yang haram , bajunya dari yang haram dan dia diasuh dari makanan yang haram maka bagiamana mungkin Allah akan mengabulkan doanya”
👉Padahal banyak hal yang membuat doanya dikabulkan : musafir, bajunya lusuh dan tidak  berdaya,menengadahkan tangan, menyebut asmaul husna
🍓#6 Memperhatikan waktu waktu mustajab
👉Contoh :
▫Ketika sujud 
📖HR : Keadaan yang paling dekat dengan hamba adalah ketika sujud maka perbanyaklah berdoa.
▫Sepertiga malam terakhir
📖HR Bukhari : Allah turun ke langit dunia di setiap malam ketika sepertiga malam terakhir tersisa . Kemudian Allah berfirman : “Siapa yang berdoa kepadaKu maka Aku akan kabulkan, Siapa yang minta kepadaKu maka akan Aku kabulkan, Siapa yang meminta maghfiroh padaKu maka Aku berikan ampunan baginya”

📑Tanya Jawab
💬Mana yang lebih baik di dalam atau di luar sholat 
🔹Dua duanya baik dan bisa di lakukan
🔹Ketika sholat kapan? Dalam sholat semua dzikirnya adalah doa intinya.
🔹Bolehkah sholat ketika di dalam sholat  menambah doa? Boleh, dengan catatan doanya berdasar dari al qur’an dan hadits Rasulullah .
🔹Bolehkah berdoa ketika sujud berdoa dengan bahasa indonesia? Tidak boleh, harus bahasa arab.
📖HR : Sesungguhnya di dalam sholat ini tidak sah perkataan manusia
🔹Misal mualaf yang  belum bisa doanya : baca yang dia hafal saja, misal Allahu akbar ya Allahu akbar saja
🔹Jika tidak ada sama sekali yang mampu dia bisa dan hafal baru pake bahasa sendiri
🔹Doa itu ada dua : doa dalam ibadah dan doa mas’alah ( doa meminta)
💬Bagaimana jika kita berdoa untuk dijauhkan dengan teman yang tidak baik
🔹Nasehati dahulu
📖HR :Agama adalah nasehat
🔹Jika tidak mampu dan malah mengajak ke maksiat baru tinggalkan
💬Apakah wajib berdoa mengangkat tangan?
🔹Tidak wajib ini adab berdoa jika keadaan tidak  memungkinkan boleh tidak  angkat. Cth : saat menyetir.
💬Bolehkah berdoa setelah sholat  fardhu setelah dzikir dengan mengangkat tangan?
🔹boleh tapi jangan  dirutinkan karena sesuatu yang di rutinkan butuh dalil.

💬Kapankahh mengangkat  tangan dalam berdoa?
🔹Kapan saja kecuali yang tidak ada dalinya Rasulullah  mengangkat tangan
1. Doa setelah adzan
2. Doa setelah wudhu
3. Mengamini doa setelah khutbah jum’at

💬Apa amalan rajab?
🔹Jangan berbuat dzalim dalam bulan suci karena hukumannya lebih berat. Dan rajab termasuk bulan suci sebagaiman telah disabdakan Rasulullah .
🔹Ibadah ibadah  lain sama dengan bulan lainnya seperti  puasa senin kamis, puasa daud dst

@oelpha_hasana

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s