Resume Kajian

#3 Fathul Majid

📙Kitab Fathul Majid
Ust Azhar Khalid Seff
Masjid Al Bakrie Rasuna Epicentrum

📑Materi

📔Review kajian bulan lalu
🔸#1 Syirik  besar : Orang yang menyembah  selain Allah ( Kafir)
🔸#2 Syirik besar : Meyakini ada Tuhan yang mampu selain Allah
✏Tauhid rububiyah : mengesakan Allah dalam perbuatan perbuatan Allah
✏Tauhid uluhiyah : mengesakan sifat sifat Allah
📖 Al ikhlas : Katakan bahwa Allah itu Esa
🔸#3 Syirik besar :  Thoghut
📩Imam malik : segala sembahan selain Allah, apapun yang dia sembah selain Allah.
📖Al Baqarah : barangsiapa yang kufur terhadap thoghut, berimanya dia hanya kepada Allah saja maka dia telah memegang erat kalimat yang tidak akan pernah putus
✏Kalimat LaaIlahaIlallah itu ada dua unsur penafikan yang artinya kita nisbatkan yang pantas kita sembah hanya Allah.
Tenpat berdoa, tempat memohon dan tempat menyembah.
🔸#Syirik besar : Al andat, , niid secara bahasa .
✏Maksudnya Allah  disamakan dengan makhluk
✏Orang yang datang ke dukun disebut musyrik karena menyandingkan dukun tersebut dengan Allah dan ini adalah syirik besar
📖HR : Barangsiapa yang suka datang ke dukun, peramal dan paranormal kemudian percaya dengan  ucapannya dan meyakininya maka sama saja dia telah kufur terhadap apa apa yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu alaihi wassalam
📩Doa nabi ibrahim dalam al qur’an : Ya Allah ya tuhanku jauhkanlah diriku dan anak keturunanku dari menyembah patung patung selain Allah
📩Syaikah Muhammad bin abdul wahab berkata : maksudnya doa nabi ibrahim ini adalah meminta dijauhkan sangat jauh dari menyembah berhala.
✏Ini dibuktikan bahkan sampai cucu Nabi Ibrahim yaitu Nabi Yaqub ketika berwasiat sebelum meninggal bertanya ke semua anaknya : “Siapa yang kalian sembah setelah aku meninggal”. Anak anaknya menjawab dengan tegas : “Yang kami sembah adalah Tuhan yang engkau sembah, yang disembah nenek moyang kita ibrahim, ishaq dan ismail. Dan kami pastikan kami adalah muslim yang pasrah kepada Allah”

📔 Materi “Penyakit yang membinasakan”
🔸Riya’ dan sum’ah
✏Riya’ kita melakukan kebaikan, ibadah dan amal sholeh dengan  niatan di puji manusia
✏Sum’ah itu awalnya kita tidak tahu, dia menyebut2kan amalan dia depan orang lain.
📖HR :Yang paling aku takutkan terjadi pada kalian ini adalah syirik kecil ( syirik asghor) yaitu seseorang melakukan ibadah amal sholeh dan kebajikan bukan karena Allah tapi agar manusia melihat apa yang dia lakukan sehingga manusia memuji dia
📩Syaikh utsaimin : riya itu terambil dari kata rukiyah dan rukiyah itu dari kata ro’a bin ro’yi yang artinya melihat / menonton. Dan secara syariatnya adalah seseorang itu beribadah sholat untuk menyembah Allah tapi tujuannya bukan untuk mendapat pahala, bukan untuk mendapatkan syurga Allah untuk dipertontonkan kepada manusia untuk mengagungkan dirinya, mengangkat dirinya di dunia ini, dengan niatan di puji manusia.
📖HR : Sesungguhnya nanti pada hari kiamat yang pertama dihisab adalah orang yang wafat dalam jihad , kemudian Allah sebutkan  nikmat nikmatNya ke dia dan Allah  bertanya : “Untuk apa kau gunakan nikmat nikmatKu itu?”Ia menjawab : “Untuk berperang di jalanMu ya Allah”Allah berkata : “Kadzabta, kamu bohong kau berperang hanya untuk mendapatkan pujian dan gelar mujahid dari manusia, dan itu telah kau dapatkan di dunia, lemparkan dia ke neraka” Yang kedua, Orang  yang mempelajari Al Qur’an, mempelajari agama. Allah bertanya padanya untuk apa dia gunakan nikmat nikmatNya kepadanya. Ia menjawab : “Aku gunakan untuk mempelajari  firman firmanMu ,mempelajari agama dan mengajarkannya” Allah berkata : “Kadzabta, engkau bohong, engkau mengajarkan ilmu agama agar dikatakan aliim, seorang da’i, seorang  ulama dan engkau membaca al qur’an  agar diberi gelar Qari’ ,Lemparkan dia ke neraka”. Yang ketiga, Orang yang ahli sedekah orang yang menafkahkan harta nya di jalan Allah. Allah bertanya padanya untuk apa dia gunakan nikmat nikmatNya kepadanya.Ia berkata : “Aku gunakan untuk sedekah dijalanMu, bahkan tidak ada satu masjid pun kecuali aku telah menafkahkan disana, dan menyantuni fakir miskin dan yatim”Allah berkata : “Kadzabta, engkau bohong, engkau melakukan itu agar disebut  dermawan, lemparkan dia ke neraka”.
📩Imam ibn qayyim : tidak ada yang  lebih susah bagi kita ini kecuali menjaga hati kita untuk senantiasa ikhlas
📩Syaikh Ustaimin : Riya itu dibagi dua  :
▫#1 Asal muasal ibadah sudah riya’. Dengan hal ini amalan nya tidak diterima sama sekali
📖HR Qudsi : Aku tidak butuh dengan orang yang menyekutukanKu. Barangsiapa yang melakukan amalan tapi tujuan dia ibadah tapi bukan untukKu. Aku tinggalkan dia dan aku tinggalkan kesyirikan tersebut.
▫#2 Awalnya tidak riya’ tapi karena ada orang yang  ia kagumi maka timbullah riya’. Maka pahalanya dilihat dari usahanya jika dia menepis nya maka amalannya aman in syaa Allah diterima. Tapi jika tidak di tepis maka batal amalannya.
👉Tapi dari sisi amalan dibagi dua juga.
▫Jika amalan tidak terpisah batal keseluruhan
▫Jika amalan terpisah maka yang batal yang terkena riya, yang awal ikhlas aman.

🔸Tathoyur
📖HR : Ada 70000 orang dari umat nabi Muhammad yang masuk syurga tanpa hisab. Cth :
1. Tidak pernah meminta rukiyah
2. Tidak pernah  minta khai ( menyembuhkan dengan besi panas)
3. Tidak pernah thatoyur
✏Tathoyur itu orang merasa sial terhadap suatu hal.
✏Apabila seseorang menginginkan sesuatu hal baik itu perkara akhirat atau dunia. Kemudian dia mendengar sesuatu yang tidak mengenakkan hatinya apa yang dia lakukan?
▫#1 Kalau dia merasa tathoyur sehingga hatinya tergantung padanya dan tertanam dan dikalbunya dan itu berpengaruh dan membahayakan iman dan tauhidnya kepada Allah.
▫#2 Hal itu tidak menjatuhkan diri dia, tapi ada pengaruh di dirinya sedikit, ada was was maka itu akan melemahkan imannya
Oleh karena itu, wajib bagi seorang yang merasa sial kepada suatu hal maka buang jauh jauh tathoyur itu dengan meminta pertolongan kepada Allah dan bertawakal kepada Allah.
📩Ya Allah tidak ada yang sanggup membawa kebaikan kecuali Engkau. Ya Rabb tidak ada yang sanggup untuk mencegah kecelakaan dan mara bahaya kecuali Engkau. Tidak ada daya kekuatan kecuali daya kekuatan yang datangnya dari Engkau.
📩Ikrimah anaknya abu jahal ( amr bin hisyam) muridnya ibn abbas . Aku pernah duduk duduk dengan ibn abbas. Kemudian ada burung yang melewati kami dan bersuara, kemudian kami berkata : “mudah mudahan baik, mudah mudahan baik”. Ibn abbas berkata : “Tidak ada baik ataj buruk. Jangan sampai ada burung bersuara begitu ada kebaikan atau keburukan. Yang bisa mendatangkan manfaat dan mencegah keburukan hanya Allah ”

🔸Bersumpah bukan karena  Allah
📖HR : Barangsiapa bersumpah bukan karena Allah maka hal ini tidak  boleh.
📖HR : Barangsiapa ingin bersumpah maka bersumpahlah atas nama Allah
📩Ibn mas’ud : Aku bersumpah demi Allah tapi aku bohong lebih aku sukai daripada aku berkata benar tapi bersumpah bukan atas nama Allah karena ini syirik

📔Tanya Jawab
💬Bagaimana supaya tidak riya’
🔹Beribadahlah dengan  Ihsan
🔹Kita lebih baik ketika bersedekah  dan takut riya’ lebih baik sedekah secara sembunyi sembunyi.

💬Ketika kita dikumpulan orang yang lagi ghibah dan kita diam saja .
🔹Rasulullah mengatakan orang seperti ini adalah syaithon bisu
🔹Tegur dan nasehatilah atau tinggalkan majelis

💬Apa hukumnya ia meminta hadiah yang sudah diberikan
🔹Ini kata Rasulullah seperti anjing yang muntah dan menjilat kembali muntahnya sendiri

@oelpha_hasana

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s