Resume Kajian

Kuputuskan untuk setia

💻The Rabbanian : Kuputuskan Untuk Setia
Ust Muhammad Nuzul Dzikri
Rabu , 11 Rabiul Awal 1437H
Masjid Agung Al Azhar  Kebayoran 

📭Mukaddimah
📖 HR : Rasulullah bersabda : “Jika kalian melintasi taman taman syurga maka singgahlah”. Para sahabat bertanya : “Apa itu taman taman syurga ya Rasulullah ? “. Para sahabat menjawab  : “Halaqah halaqah dzikir”
📩Atha’ bin rabah mengatakan majelis dzikir : majelis majelis yang mengaji halal dan haram atau simplenya majelis ilmu.
》Orang-orang  beriman ketika di pilihkan dgn taman rekreasi atau taman syurga dia akan memilij taman syurga karena ketika itu kita melihat  firman Allah dan hadits  Rasulullah .  Karena taman taman dunia itu tidak memberikan kebahagiaan pada hati kita.

📭Materi
📖 HR Qudsi Muslim : Aku adalah dzat yang tidak butuh  dengan sekutu barang siapa yang beramal ( sholat , dzikir , infaq dst ) namun ia duakan Aku , Aku tinggalkan dia dan hal yang dia tuju ketika beramal tersebut.
》Maksud menduakan Allah adalah beribadah tidak diniatkan hanya kepada Allah tapi ada niat untuk manusia.
》Ditunjukkan amal sholeh tapi ia mengharapkan sanjungan dunia dari manusia ataupun untuk bongkahan dunia.
📩Ulama mengatakan  : bahwa nanti di hari kiamat ia akan diperintahkan untuk meminta pahala dari hal hal tersebut .
📝Misal : seorang  ust dakwah untuk mendapat sanjungan dr jamaahnya maka nant di hari kiamat ia akan diperintahkan untuk meminta dr jamaahnya karena  ia tidak mengharapkan  ridho Allah.
⚠Jangan duakan Allah , Ikhlaskan kita dalam ibadah semata mata berharap wajah Allah . Amalkan firman Allah :
📖Al an’am 162 :
قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
▶ Dan ini adalah inti dari Islam 
📖Az zumar 3:
أَلَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ ۚ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَىٰ إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ

Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”. Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.
▶Allah hanya menerima segala ibadah yang  ikhlas karena Allah jika tidak Allah akan campakkan kita di hari kiamat.
▶Keikhlasan inilah yang harus kita tekankan dan kita kuatkan dalam diri kita.

👉 Kenapa harus membahas ikhlas ? Dan terus menerus membahas ikhlas?
》Ikhlas itu murni , memurnikan niat kita hanya untuk Allah
》Ikhlas itu setia .
》Dan para ulama menyebutkan bahwa kenapa terus harus dibahas?
⚠Karena ini amalan yang paling  BERAT dalam Islam

📩Fudhail bin iyad : Sesungguhnya  ketika anda beribadah sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallahu  alaihi  wassalam  yang Allah  inginkan adalah niat dan keikhlasan anda.

📩Yusuf bin asbal : mengikhlaskan niat itu lebih berat bagi ahli ibadah dibanding ibadah itu sendiri

📝Misal #1 : Tahajud itu 3 jam , menjaga keikhlasan dr tahajud itu lebih berat dari tahajud itu sendiri .
📝Misal #2 : Haji dengan segala tahapannya mencapekkan dan meletihkan tapi menjaga keikhlasan haji lebih berat dari pada haji itu sendiri . Kita haji tahun 90 kemudian di tahun 2015 dikisahkan , orang-orang  memuji lalu timbul sum’ah di diri kita. Haji kita di tahun 90 HABIS pahalanya di 2015 karena ini !!!

⚠Ikhlas itu berat , ikhlas itu susah , oleh karena itu ulama kita senantiasa khawatir  akan niatnya tidak ikhlas.

📩Hasan al bashri : tidak ada yang khawatir dirinya dengan keikhlasan kecuali orang mukmin dan tidak ada orang yang merasa aman dengan keikhlasan kecuali orang-orang  munafik.
▶Orang-orang beriman harusnya khawatir  akan ketidak ikhlasan dirinya akan amal dan ibadahnya.

📩Ibn abi mulaikha dalam hadits bukhari : Aku pernah  bertemu dgn 30 sahabat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam , semua khawatir dengan  riya’ dan nifaq.

📩Ibn hajar dan adh dhahabi menjelaskan bahwa yang ditemui oleh Ibn abi mulaikha adalah pembesar sahabat diantara contohnya :
🔹Ibn Umar
》Salah satu perawi haditsnya  para sahabat , ahli haditsnya sahabat.
🔹Abdullah bin abbas
》Pakar  terbaik no 1 di dunia 
》Bahkan ibn mas’ud mengatakan bahwa sebaik baik ilmu tafsir adalah Abdullah bin abbas
🔹Utsman bin affan
》Seorang  laki-laki  yang dipercaya menjadi pemimpin  2 anak Rasulullah  rukhayah dan ummu kultsum.
》Seorang yang dijamin masuk  syurga
🔹Aisyah binti abu bakr radiyallahuanha
》Istri  nabi shallallahualaihi  wassalam 
》Yang senantiasa  hidup bersama Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam 
⚠Para  sahabat saja khawatir tidak ikhlas lalu bagaimana dengan kita yang tidak ada apa apanya dibanding mereka .  SIAPA KITA? Bagiamana  tidak khawatir  jika Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  bersabda  :
📖 HR Imam suyuthi dan hakim : ketidakikhlasan itu ada diantara kalian ada dalam wujud yang sangat samar lebih samar dari semut hitam
Dalam riwayat lain : ketidakikhlasan itu menyelinap dalam hati kita sangat samat lebih samar dari semut hitam yang sedang ada di batu hitam di tengah kegelapan malam.
📖HR Ahmad : Rasulullah bersabda : “Yang paling  aku khawatirkan menimpa kalian yaitu syirik kecil ( syirik asghor)”.  Para sahabat bertanya : “Apa itu syirik  asghor  ya Rasulullah ? “. Rasulullah  menjawab : ” yaitu riya’ ”
👉Kita ingat firman Allah bahwa sabda Rasulullah  pasti benar.
📖An Najm 3 -4 :
وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ

dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya.
إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ

Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).

⚠Dalam hadits ini disebut kalian itu adalah kata ganti orang KEDUA maka yang dimaksud disana adalah para sahabat.
👉Kalau sahabat saja di khawatirkan apalagi kita?? Mereka orang-orang  yang Allah ridhoi :
📖 At taubah 100
وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.

👉Mereka pakar ibadah
📖 Al fath 29 ( ayat terakhir )

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.
▶Yang dikhawatirkan  disini adalah orang-orang  sekaliber Sahabat Abdullah bin  amr bin ash yang puasa nabi daud dan khatamannya 3 hari khatam , sekaliber sa’ad bin waqash yang merengek2 untuk menginfakkan 3/4 hartanya, sekaliber umar bin khattab yang menginfakkan setengah hartanya,  sekaliber  bilal yang dihina dicaci dimaki dan sekualitas sahabat ainnya. Lalu kita merasa aman??

⚠Ingat bahwa tidak ada yang merasa aman dari ikhlas kecuali MUNAFIK atau yang didalamnya ada benih2 kemunafikan.

📩Ibn abi hamzah : saya berharaap ada seorang ulama yang mendedikasikan dirinya untuk membuat kajian rutin semua materinya tentang ikhlas.
⚠Ini masalah besar , masalah berat dan sukar dan ini harus diangkat terus dan ini inti dari islam , kesetiaan kepada Allah .

📩Imam Nawawi seseorang yang kitabnya sering dibahas dan hanya kalah dari Kitabullah , seorang  ulama terbaik madzhab syafi’i  beliau  mendapat gelar  “muhiddin ( penghidup agama) “. Beliau berkata  : “akan  aku tuntut semua orang yang memberiku gelar muhiddin”. Karena beliau tau hakikat ikhlas , dan jika beliau mendapat gelar itu akan ada kesempatan untuk riya’. Seorang  ulama yang ibadahnya luar biasa , seorang yang cerdas nya luar biasa bahkan shahih muslim pun  di syarah semuanya.

📔 Keutamaan dari sebuah keikhlasan :
🔹#1 Ibadah kita diterima Allah 
》Ibadah itu dinilai dr niatnya.
📖HR : Sesungguhnya  setiap amalan itu tergantung  pada niatnya dan seseorang  akan diganjar sesuai niatnya tersebut , barang  siapa yang hijrahnya  karena Allah dan rasulNya maka ia akan mendapatkan Allah dan rasulNya . Dan barang siapa berhijrah karena dunia atau wanita yang ia nikahi maka ia akan mendapatkan sesuai apa yang ia niatkan.
▶Disini  Allah memberikan sample hijrah yang darisana hijrah dr mekkah dan madinah dengan jalan kaki , mereka telah tinggalkan harta harta mereka di mekkah dan hijrah ke madinah tanpa membawa apa apa. Ini bukan ibadah sembarangan , tapi Nabi mengatakan jika hijrahnya tidak ikhlas TIDAK akan diterima .
Kalau hijrah  saja begitu bagaimana dengan yang lainnya!!
📩 Abu darda : Kalau aku memastikan bahwa Allah menerima satu sholat ku saja sesungguhnya  itu lebih aku sukai daripada  dunia dan seisinya.
📖 Al maidah 27
🔹#2 Dosa dosa  kita akan diampuni  Allah bahkan dosa dosa besar .
📖  HR Bukhari : Suatu hari ada seekor anjing yang mengelilingi sumur dia dalam keadaan kehausan. Pemandangan itu dilihat oleh pelacur dari bani israil. Lalu , pelacur itu membuka sepatu boot nya dan turun ke sumur dan naik lagi membawa sepatu boot  ny yang berisi air dan diberikan kepada anjing itu. Rasulullah mengatakan : ” Allah  mengampuni dosa dosanya ”
📩Imam ahmad bin abdul halim berkata : rahasianya bukan memberikan minum ( tindakannya) tapi keikhlasan yang ada dihatinya. Karena ketika itu ia tidak  ada kepentingan , anjing  tidak bisa berterimakasih, disana tidak ada orang. Maka , ulama mengatakan bahwa inti dari  semuanya adalah keikhlasan .
▶Dan kita adalah orang-orang  yang memiliki  dosa yang banyak , maka ini kesempatan untuk memutihkan dosa dosa kita, ikhlaskan karena Allah.

🔹Keikhlasan akan  membuat cita cita kita terwujud 
📖HR : Ada orang  badui yang bersyahadat  di hadapan Rasulullah .  Kemudian ketika selesei perang ,  orang badui menerima harta ghanimah. Kemudian badui itu mendatangi Rasulullah  : “Apa ini ya Rasulullah ? “. Rasulullah  berkata : “Itu bagianmu”. Kemudian ia berkata  : “Saya berjihad bukan untuk ini  , Saya berjihad dengan engkau  panah musuh menembus leher saya dan tembus kebelakang”. Rasulullah  menjawab : “jika engkau jujur kepada Allah maka Allah akan wujudkan cita  cita  kalian” Maka tidak lama dari  kejadian  tersebut ,  ada perang lagi dan ada jasad orang badui itu dengan keadaan yang ia harapkan panah menembus lehernya. Rasulullah bersabda : “Dia telah jujur kepada Allah dan Allah wujudkan  cita citanya”.
⚠kalau ternyat keinginan dan cita  cita  kita tidak terwujud coba koreksi diri kita. Cek keikhlasan kita. Ikhlaslah! Hanya mencari wajah Allah.

📭 Tanya Jawab
💬  Hukum mengucapkan selamat natal?
🔹 Ini sesuai  dengan tema jika kita menduakan Allah tidak boleh bagaimana jika kita mentigakan Allah.
🔹Point #1
》Kita menikah tanggal 21 juli kemudian tanggal 25 desember diberi selamat  maka kita akan mengklarifikasinya.( Ini analaogi nya bukan untuk menjelaskan  hukum ulang tahun)
👉Lalu , benar gak se tanggal 25 desember  lahirnya  nabi Isa?
》Tidak ada dalam injil pun yang menyatakan bahwa Isa / Yesus lahir 25 des.
》Dan dalam ayat ayat kitab mereka juga disebut  hal lain.
Contoh Lukash 28 : ketika yesus lahir penggembala  sedang menjaga gembalaannya.
》Dan ketika itu pasti bukan musim dingin tapi  musim panas. Dan ini cocok dengan Al qur’an  bahwa Nabi isa dilahirkan ketika kurma berbuah(rhutb)
📖 Maryam 25
وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,
🔹Point ke #2
》Konsep memahami Isa kita dan mereka berbeda.
》Kita meyakini Tauhid Tuhan kita hanya Allah sementara mereka menganggap Tuhab 3.
🔹Point ke #3
》Toleransi itu harga mati dalam Islam
📖Mumtahanah 8
لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.
》Namun sebagai ibadah ibadah lain atau hal hal lain itu ada batasnya. Maka Toleransi juga ada batasnya.
🔹Point  ke #4
》Ada yang mengatakan bahwa beberapa dan itu sedikit bahwa ini khilaf para ulama
. Berbicara tentang khilaf itu berbicara  tentang kaidah ushul fiqih : “Tidak  setiap khilaf itu  dianggap hanya khilaf yang punya data yang kuat ”
📩Imam syafi’i  dalam ar risalah : perbedaan itu ada dua ada yang disikapi tegas dan ada yang dibuka ranah toleransi .
📝Analogi  #1 : ada keluarga makan malam di padang. Ayah pesen ikan kakap , ibu rendang dan anak tunjang. Kemudian ayah berkata : “Papa tidak setuju ini perpecahan  diantara kita , kalau saya pesan rendang  maka rendang  semua”. Kira kira anaknya pasti akan berkata : “Papa lebayyy ini tolerasi pah…”
📝Analogi #2 : Ada seorang  suami yang istrinya  selingkuh kemudian suami nya melihat  istriny selingkuh di depannya . Dan ini istrinya bilang ini toleransi?? Tidak mungkin.
》Kaidah dalam agama kita adalah kaidah kehidupan.
▶Masalah mengucapkan selamat  natal ini bukan masalah kontemporer ini masalah  kasik . Hal ini udah ada di zaman nabi. Natalan itu ada di abad ke 4 masehi dan Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  itu di 541 masehi.
⚠Ini bukan masalah  kontemporer  , udah ada sejak zaman nabi , tidak perlu ribet mengkajinya tinggal cek saja apakah Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  mengucapkan selamat atau tidak? Jika nabi tidak mengucapkan simple kita tidak perlu melakukan. Lalu cek para sahabat , abu bakr , umar , utsman ali kemudian imam madzhab apakah mengucapkan selamat? Simple saja, jika tidak kenapa diribetkan . Jika Rasulullah  tidak mengucapkan , tidak ucapkan. Ingat! Bahwa kita bukan mencari pembenaran  tapi KEBENARAN!!
👉Dan soal ayat :
📖 Maryam 33 :
وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا

Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.
》Simple saja, yang memahami ayat ini kita atau Rasulullah ? ? Jika Rasulullah  tidak mengucapkan , tidak ucapkan. Ingat! Bahwa kita bukan mencari pembenaran  tapi KEBENARAN!! Ini masalah klasik bukan kontemporer .
》Kalau anda benar-benar  jujur maka itu akan benar benar mudah yang buat ribet itu adalah  karena  kita punya kepentingan.

@oelpha_hasana

image

Advertisements

3 thoughts on “Kuputuskan untuk setia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s