Meluluhkan Hati Yang Beku

#3 Meluluhkan hati yang beku :Dua nikmat yang terabaikan

🐞”Meluluhkan Hati Yang Beku #3″🐞
“2 nikmat yang terabaikan”
At takwa , 20141211
Ust Nuzul Dzikri,LC

⏩Hadist dari ibnu abbas ra :
“Ada dua nikmat yang sering dilalaikan oleh mayoritas manusia yaitu kesehatan dan waktu luang” [ HR mutafaquh alaih ]

👉Ada dua nikmat yang dilupakan , dilalaikan dan dianggap remeh kesehatan dan waktu luang.

🔶 Kesehatan
》biaya kesehatan dimana saja sama mahalnya. Sehingga kesehatan itu mahal dan kebanyakan orang tidak menyadarinya
》kesehatan itu ibarat mahkota yang di berikan pada kepala2 orang2 yang sehat tapi sayangnya tdk ada yg melihatnya kecuali orang yang sakit
》Padahal organ tubuh kita ini mahal tapi tidak ada orang yang menyadarinya.
👉Data di pasar gelap (second) ,di survey :
Bola mata 14jt
Tengkorak gigi 11jt
Arteri koroner 14jt
Tangan dan lengan 5jt
Limpa 4.6jt
Perut 4 – 6 jt
Usus kecil 23jt
Ginjal 2.5 M
Hati 1.5 M
Jantung 1 – 2 M
Kulit 100 rb per inci

》Benar kata Allah bahwa manusia itu dzalim , tidak pernah  bersyukur dan bodoh tidak pernah menyadari bahwa kesehatan itu mahal
》Kita hidup menghirup oksigen dan nitrogen dalam waktu sehari kita jika di hitung krg lebih besar  +- 180jt , biaya sebulan 5M
▶lalu dengan nikmat itu kita masih mau lalai dalam beribadah kepada Allah???
▶Bagaimana jika Allah menagih kita?
▶Jika kita tidak bernafas lagi biaya kita berapa???
⚠1 tahun hutang kita kepada Allah +-67 jt hanya untuk oksigen.
⚠Lalu kita tidak mau diatur oleh Allah ?
⚠Allah hanya meminta kita hanya ibadah kepada Allah

⏩ Ibrahim 7 “…..Kalau kalian kufur nikmat adzabKu sangat pedih”

》 Benarlah kata Rasulullah bahwa kita tertipu dengan dunia kita , kita lalai dengan kesehatan yang kita miliki .
》Gunakanlah kesehatan teesebut untuk beribadah kepada Allah swt

🔶 Waktu luang
》kita ini tertipu dengan waktu luang
》ulama berkata “waktu adalah inti dari segala bentuk kenikmatan dan waktu adalah nikmat Allah yg sangat luar biasa kepada kita”
⚠Mayoritas sumpah Allah dalam al qur’an  menggunakan waktu.
Allah ingin menjelaskan kepada kita bahwa waktu itu mahal dan sangat bernilai.

Allah melatih kita untuk mengatur waktu dengan Allah mewajibkan kita dgn ibadah2 yang dikaitkan dengan waktu .

⏩Annisa 103
Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

》Salah satu hikmahnya bahwa Allah ingin mengajarkan kita untuk mengatur waktu.
》Dengan adanya wajibnya sholat lima waktu Allah melatih kita dalam mengatur waktu ditambah dengan ibadah2 sunnah2 lainnya salah satu hikmahnya adalah agar kita tahu betapa penting dan bernilainya waktu sehingga tidak ada waktu luang.
》Allah latih kita untuk bermain dengan waktu semua dengan waktu tapi mayoritas orang tidak paham

⏩Al insyirah / as sharh ayat 7 :
Faidza Faraghta Fanshab (“Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain”.

》 Kebanyakan orang terbiasa santai sehingga waktu banyak terbuang padahal di hari kiamat Allah akan menanya detik detik tiap detik  kita di dunia

🌾Amir bin abd qais ketika diajak nongkrong oleh teman2nya dan tdk ada manfaatnya .
“Tolong berhentikan matahari maka saya akan ngobrol dgn anda tapi jika tdk bisa maka saya tdk ada waktu unt mengobrol dgn anda”

🌾Al Khalid bin ahmad punya perasaan waktu yg paling  menyebalkan adalah makan karena waktunya habis percuma hanya untuk mengunyah .

🌾Imam syafi’i   “waktu itu ibarat pedang kalau anda tidak tebas dia maka ia akan menebas anda”

》para ulama bisa produktif karena menghargai waktu dan mereka tidak ragu berkorban

🌾Muhammad bin salam ketika menulis dan penanya patah kalau dia perg k toko buku akan habis waktnya maka ia teriak barang siapa yang menyediakan pena maka ia mau bayar 2 dinar.

》waktu bukan hanya kehidupan tapi akhirat bagi para ulama karena tiap detik akan ditanya oleh Allah swt.

🌾Al imam tsa’la jika diundang mau dgn ada syarat “sediakan aku satu ruangan agar aku bisa membaca”

⏩ “Bertakwalah di manapun engkau berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya ia akan menghapusnya, dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.” [Hadits diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmizi dari Abi Dzar]

🌾Ibn thaimiyah ketika liburan ke pantai oleh keluarganya beliau  tidak mau , akhirnya mereka pulang dr pantai dan menceritakan keindahan pantai kepada beliau kemudian mereka bertanya “apa yang kau lakukan ketika kami ke pantai” ,  beliau berkata “aku membaca buku dari A smpai Z , aku memahami dan mengamalkannya ” ia adalah buku raudhatu An nadzir (buku ushul fiqih wajib di timur tengah di fakultas timur tengah selama 4 tahun)  beliau bisa memahami hanya dalam beberapa waktu

Sudahkah kita memahami kitab2 bahkan al qur’an   berapa yang kita pahami dan hafal? Bukankah posisi kita di akhirat tergantung dari hafalan yang kita baca.

⏩HR : “Dikatakan kepada para ahli (hafal) Al-Quran, baca dan naiklah (ke dalam surga). Dan bacalah dengan tartil sebagaimana kamu membacanya ketika di dunia! Sesungguhnya kedudukanmu tergantung pada (jumlah) ayat terakhir yang kamu baca.” (HR. Abu Dawud: 1466, Tirmidzi: 2914, Ibnu Majah: 3780, dan Ahmad: 6799)

》Betapa banyak umat islam yg tdk tau hal2 sederhana , wudhu yang baik , beda hadast dan najis dsb masih sempatnya kita berbicara kita ga punya  kerjaan dan bingung mau ngapain.

🍁 Kiat2 agar kita bisa memnfaatkan dua nikmat Allah ini :

1. Meminta pertolongan kepada Allah agar dimudahkan  mengisi waktu agar tdk banyak waktu terbuang karena waktu yg terbuang adalah kehancuran di hari kiamat. Mintalah kepada Allah agar diberi kemudahan dalam memanfaatkan waktu luang kita yg tersisa  saat ini
⏩Muadz bin jabal yg kata Rasulullah  yg paling tau ttg halal dan haram sama Rasululllah masih diberi nasehat agar senantiasa berdoa :

“Ya Allah, tolonglah aku untuk senantiasa berzikir (mengingatiMu), mensyukuri (segala nikmat)Mu, dan beribadah dengan baik”.(Allahumma a’innii ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatik)

2. Isi setiap detik kita untuk hal yang bermanfaat . Setiap kita melakukan aktifitas tanyalah “adakah ia akan membantu akhirat kita atau tidak?”jika tida tinggalkan.

⏩Al baqarah 286 : ” Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya”

》tidaklah suatu orang  melakukan suatu aktifitas kalau tidak membantu kita di hari kiamat atau untuk menghancurkan  di hari kiamat . Hanya ada dua opsi  antara pahala dan dosa.

⏩ “Di antara tanda kebaikan keIslaman seseorang: jika dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.” [ HR Tirmidzi ]

3. Muhasabah
》evaluasi berapa  jam yang kita gunakan untuk Allah dan untuk mengikuti  sunnah Rasulullah saw , berapa yg terbuang percuma.

🌾Hasan bin abi sinna masuk ke sebuah unit kamar ia bertanya pada pemiliknya ” unit ini jadinya tahun berapa” dijawablah dan ia berbicara pada diriny sendiri “anda wahai jiwa bertanya ttg hal yg tidak bermanfaat buat anda untungnya apa untungnya untuk akhirat anda” maka aku akan menghukum diri ini wahai jiwa aku akan puasa daud setaun”

》buat apa menanyakan hal2 yg tdk penting (kepo) jika tdk ada kepentingan  dan tidak ada manfaatnya bagi kita.

4. Bergaullah dengan orang2 yang pintar menjaga waktu , yg waktunya di penuhi amal dan ilmu , dekati ia dan jd temannya tanpa mengganggu dia sehingga bisa mengikuti trend dan pola dia

⏩Al kahfi 28 :
Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.

》berat memang mengikuti  mereka karena mereka hanya mau diatur Allah dan rasulNya tapi kita akan belajar dari mereka
karena waktu bagi mereka terlalu mahal.

5. Tanamkan muroqobatullah bahwa kita selalu di pantau dan diawasi Allah sehingga kita tidak akan menggunakan waktu sia sia

⏩Al an’am 59
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)”

⏩Al ghafir 19
Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati.

🌾  Pertanyaan  🌾

》Di puji manusia itu tidak ada manfaatnya
Tidak akan memberi manfaat.

⏩ “….. Ketahuilah seandainya semua umat manusia bersatu untuk memberikan suatu kebaikan kepadamu, mereka tidak akan mampu kecuali yang sudah ditetapkan Allah untukmu…..” [ HR Tirmidzi ]

Senantisa berdoa agar terhindar dr kesyirikan :

– اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ.

“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu, agar tidak menyekutukan kepadaMu, sedang aku mengetahuinya dan minta ampun terhadap apa yang tidak aku ketahui.” (HR. Ahmad )

video :

http://www.salingsapa.com/video/read/kajian/5335/dua-nikmat-yang-terabaikan.html

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s